NewsOPINI

Hari Kebebasan Pers Sedunia, Momentum Untuk Bersuara Lebih Keras

Jadikan Moment Hari Kebebasan Pers Sedunia Tahun Ini Untuk Menyuarakan Lebih Keras Arti Kebebasan Pers.

Pangkalpinang, Journalarta.com – Setiap tanggal 3 Mei di peringati Hari Kebebasan Pers Sedunia atau World Press Freedom Day (WPFD). Mulai dari Indonesia hingga penjuru dunia, seluruh jurnalis akan mengenang perjuangan para jurnalis yang gugur saat menyuarakan kebebasan pers.

Di kutip dari laman UNESO, di tetapkannya Hari Kebebasan Pers Sedunia ini bertujuan untuk merayakan perlindungan media dari ancaman atas kebebasan mereka. Serta mengenang jasa para jurnalis yang gugur saat bertugas.

Di tetapkannya Hari Pers Sedunia ini berawal dari Sidang Umum PBB pada 1993. UNESCO menetapkan mandat bahwa kebebasan pers dan kebebasan berekspresi memungkinkan adanya saling pengertian untuk membangun perdamaian dunia.

Maka, peringatan ini memberikan kita sebuah pemahaman, yang mana pers menjadi bagian dalam membangun pentingnya dunia jurnalistik serta literasi bagi masyarakat.

Baca juga: Undang-Undang Pers Belum Mampu Melindungi Para Jurnalis

Momen ini juga menjadi bagian penggerak kesadaran pemerintah, khususnya untuk dapat memberikan hak dan ruang suara kebebasan pers dalam berekspresi serta berpendapat.

Di Indonesia masih banyak isu kebebasan berpendapat dan berekspresi di media yang perlu di tangani terkait dengan kriminalisasi menggunakan UU ITE, terutama selama pandemi.

Hak mendapat perlindungan juga perlu di perhatikan terutama untuk memperoleh berita demi masyarakat yang lebih demokratis.

Kebebasan Pers di Indonesia sendiri mutlak mendapatkan jaminannya sejak Indonesia merdeka. Hal ini di atur dalam UUD 1945, lalu di ikuti dengan di sahkannya Undang-Undang Pers nomor 40 tahun 1999. Namun hingga hari ini kenyataannya, pers selalu mengalami tindakan represif dan belum sepenuhnya mendapatkan jaminan oleh negara.

Oleh sebab itu, pada peringatan Hari Kebebasan Pers Sedunia yang jatuh pada 3 Mei ini sangat penting menjadi momentum untuk bersuara lebih keras.(red)

Baca juga: BNSP: Dewan Pers Tidak Lagi Keluarkan Sertifikasi Wartawan


Eksplorasi konten lain dari Journalarta

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Related Posts