Daerah

Pemkot Pangkalpinang Raih Prestasi Opini WTP Empat Kali Berturut

Pemkot Pangkalpinang Kembali meraih opini WTP dari BPK RI Perwakilan Babel

Pangkalpinang, journalarta.com – Pemerintah Kota Pangkalpinang kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kota Pangkalpinang Tahun Anggaran 2020.

Pencapaian ini merupakan prestasi bagi Pemkot Pangkalpinang yang telah mendapatkan WTP selama empat tahun berturut-turut.

Kegiatan tersebut di selenggarakan di Ruang Auditorium Kantor BPK RI Babel, Senin (3/5/2021) dan di hadiri Wali Kota Pangkalpinang, Ketua DPRD Kota Pangkalpinang, Sekretaris Daerah, Asisten Administrasi Umum, Sekretaris DPRD, Kepala Bakueda serta Inspektur Kota Pangkalpinang.

Kepala BPK Perwakilan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Ida Farida saat memberikan sambutan pada acara penyerahan LHP atas LKPD di lingkungan Pemprov. Babel mengungkapkan, BPK memberikan opini WTP berdasarkan hasil pemerikasaan atas laporan keuangan pemkot Pangkalpinang dan kabupaten Bangka tahun 2020.

Baca juga: Kampung Tua Tunu Pangkalpinang Akan Dijadikan Pusat Kebudayaan Melayu

“Berdasarkan pemeriksaan kami atas laporan keuangan Pemerintah Daerah Kota Pangkalpinang dan Kabupaten Bangka tahun anggaran 2020, BPK memberikan opini Wajar Tanpa Pengecualian,” ungkapnya.

Ida Farida mengapresiasi Pemerintah Kota Pangkalpinang yang telah mendapatkan opini WTP keempat kalinya, termasuk menghargai upaya pemerintah daerah yang berusaha terus untuk melakukan perbaikan maupun mempertahankan keberhasilannya.

Ida juga menegaskan, pemeriksaan keuangan tersebut bukan di maksud untuk mengungkapkan adanya penyimpangan dalam pengelolaan keuangan. Meskipun auditor menemukan adanya penyimpangan, kecurangan atau pelanggaran terhadap ketentuan perundang-undangan, khususnya yang berdampak adanya potensi dan indikasi kerugian negara maka hal ini harus di ungkap dalam LHP.

Ida berharap agar wali kota beserta jajaran segera menindaklanjuti rekomendasi BPK atas laporan pemeriksaan keuangan pemerintah daerah tahun anggaran 2020.

Baca juga: Walikota Molen Inginkan LAM Pangkalpinang Punya Marwah Yang Berpengaruh

Sumber : Dinas Kominfo PGK


Eksplorasi konten lain dari Journalarta

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Related Posts