News

Pesan Ketum DPP PWRI di Hari Kebebasan Pers Sedunia 2021

World Press Freedom Day Berawal dari Sidang Umum PBB pada 1993.

Jakarta, Journalarta.com – Setiap 3 Mei di peringati sebagai Hari Kebebasan Pers Sedunia atau World Press Freedom Day. Di tetapkannya Hari Pers Sedunia ini berawal dari Sidang Umum PBB pada 1993. UNESCO menetapkan mandat bahwa kebebasan pers dan kebebasan berekspresi memungkinkan adanya saling pengertian untuk membangun perdamaian dunia.

Di Hari Kebebasan Pers Sedunia, Ketua Umum DPP Persatuan Wartawan Republik Indonesia (PWRI) DR Suryanto PD, SH.MH, MKn, mengungkapkan Moment peringatan hari pers sedunia di peringati oleh seluruh insan pers yang bertujuan untuk mengingat para pejuang pers yang gugur dalam tugas juga untuk membangkitkan pers dunia yang lebih baik dalam menjalankan tugasnya.

“Setiap tahun hari pers dunia ini terus menerus kita peringati, hari pers dunia yang jatuh di tanggal 3 Mei 2021 ini hendaknya dapat juga membangkitkan perubahan pers nasional di Indonesia,” ungkapnya, Senin (3/5/2021).

Baca juga: BNSP: Dewan Pers Tidak Lagi Keluarkan Sertifikasi Wartawan

DR Suryanto PD, SH.MH, MKn mengatakan, Dunia pers di era digital saat ini harus semakin cermat dalam menyajikan informasi fakta di segala bidang. Kecepatan teknologi digital informasi ini juga harus di ikuti oleh kemampuan para insan pers agar dalam menjalankan tupoksi sebagai insan pers handal baik di kancah nasional dan internasional.

Hal tersebut harus di barengi dengan tingkat SDM yang mumpuni, baik jurnalis yang berasal dari akademisi ataupun dari otodidag. Agar informasi yang di suguhkan tidak menimbulkan akibat hukum terhadap diri jurnalis ataupun terhadap sesuatu yang di beritakan.

“Moment hari pers dunia dalam menjalankan kebebasan pers ini juga tidak terlepas dengan aturan – aturan yang ada, baik itu di tingkat nasional maupun internasional. Semoga di hari pers dunia tahun ini kita sebagai profesional pers dapat menjalankan fungsi persnya dengan baik agar tidak menimbulkan permasalah hukum,” pungkasnya.(red)

Baca juga: Hari Kebebasan Pers Sedunia, Momentum Untuk Bersuara Lebih Keras


Eksplorasi konten lain dari Journalarta

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Related Posts