HealthNews

Berikut Cara Cek Alat Swab Antigen Baru Dalam Test Covid-19

Cara Cek Alat Swab Antigen Baru.

Pangkalpinang, journalarta.com – Temuan Swab Antigen menggunakan alat kesehatan bekas patut di waspadai oleh semua masyarakat.

Alat rapid test antigen yang di gunakan secara berulang pada orang yang berbeda akan menimbulkan risiko penularan virus. Idealnya alat rapid test di gunakan hanya satu kali pada satu orang saja. Selain itu, hasil pemeriksaan menjadi tidak akurat karena alat tes sudah terkontaminasi.

Untuk memastikan alat tes COVID-19 yang di gunakan masih baru, ada beberapa hal yang perlu di perhatikan. Hal yang paling penting untuk di pastikan adalah anda menjalankan tes COVID-19 di tempat pelayanan kesehatan yang tepercaya.

Masyarakat juga dapat meminta petugas swab untuk memperlihatkan alat swab masih baru di dalam kemasan sebelum test.

Berikut ini cara cek alat swab baru dalam test covid-19 yang di kutip dari unggahan akun Istagram @indonesiabaik.id, Kamis (6/5/2021) ;

  1. Alat Test yang di gunakan masih rapi dan tersegel.
  2. Alat Test Swab memiliki izin edar dan nomor izin edar dari kementerian Kesehatan.
  3. Pastikan tidak ada tanda-tanda kerusakan dari bungkus atau kemasan alat rapid test.
  4. Permukaan Swab Stick berwarna putih bersih, masih mulus atau tidak kelihatan bergerigi dan tidak beraroma.

Baca juga: RSI KIM Nusantara Pangkalpinang Layani Rapid Antigen Murah

Sebelumnya di ketahui Polda Sumut menggerebek layanan tes Covid-19 di Bandara Kualanamu yang di duga menggunakan alat rapid test antigen bekas, lima orang di amankan, Selasa, 27 April 2021 sekitar pukul 15.45 WIB seperti di lansir dari Liputan6.com

Lima orang tersebut masing-masing berinisial RN, AD, AT, EK, dan EL, kelimanya merupakan oknum karyawan PT Kimia Farma Tbk.

Penggerebekan ini di lakukan menyusul adanya keluhan para calon penumpang pesawat yang mendapati hasil rapid antigen positif covid -19 selama sepekan terakhir.

Buntut dari dugaan penggunaan alat rapid tes bekas, layanan rapid test Covid-19 di Bandara Kualanamu kekinian di tutup.(red)

Baca juga: Rapid Test Antigen Resmi Di Gunakan Untuk Penyelidikan Epidemiologi

 

 


Eksplorasi konten lain dari Journalarta

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Related Posts