Daerah

Jelang Ramadan dan Lebaran, Kebutuhan Uang Tunai Masyarakat Babel Meningkat

Perwakilan Bank Indonesia Babel Siapkan Uang Tunai Untuk Memenuhi Kebutuhan Masyarakat.

Pangkalpinang, journalarta.com – Dalam rangka menjalankan tugas sebagaimana yang di amanatkan dalam Undang-Undang No. 7 tahun 2011 tentang mata uang, Kantor perwakilan Bank Indonesia (BI) provinsi Bangka Belitung (Babel) telah menyiapkan uang tunai untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama periode Ramadhan dan Idul Fitri 1442 H.

Kebutuhan uang tunai oleh masyarakat melalui perbankkan di provinsi Babel menjelang bulan Ramadhan dan Idul fitri tahun ini di perkirakan sebesar ± 1 Trilyun Rupiah, meningkat 6,4% di bandingkan tahun lalu.

Hal itu di kemukakan oleh Deputi Direktur Perwakilan BI provinsi Babel, Tantan Heroika dalam keterangan tertulis kepada awak media journalarta.com di di lantai 3 ruang Pelawan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Babel, Kelurahan Air Itam, kota Pangkalpinang, Jum’at (7/5/2021).

Tantan Heroika mengatakan peningkatan tersebut di dorong oleh tren perbaikan ekonomi Babel yang bersumber dari peningkatan aktivitas ekonomi masyarakat, perbaikan harga komoditas unggulan serta dukungan stimulus pemerintah pusat dan pemerintah daerah untuk mendorong konsumsi masyarakat yang tetap terjaga.

Baca jugaPresiden Jokowi Resmikan Bank Syariah Indonesia

Tantan mengungkapkan Bank Indonesia berupaya memberikan layanan yang prima untuk memfasilitasi penukaran uang rupiah di amsyarakat dalam jumlah yang cukup.

” Dengan mempertimbangkan kondisi Covid-19 terkini serta aspek kesehatan masyarakat, layanan di loket penukaran Bank Indonesia setiap hari Kamis di khususkan untuk melayani penukaran uang rusak, cacat, dan uang yang telah di cabut/di tarik dari peredaran,” ungkapnya.

Sedangkan layanan penukaran uang rupiah pada periode Ramadhan/Idul Fitri 1442 H, Tantan menyebut di lakukan melalui 98 kantor cabang Bank umum di wilayah prov. Babel dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan (Menggunakan Masker, Physical Distancing, dll).

” Selain itu, Stakeholder dan mitra BI termasuk perbankkan dapat menyampaikan permintaan kepada Bank Indonesia untuk pemenuhan layanan penukaran kas keliling secara wholesale. Hal tersebut di lakukan agar tidak terjadi kerumunan antrian penukar dan tetap dapat memastikan penerapan standart protokol kesehatan Covid-19 dengan baik,” pungksnya.(Dian/red)

Baca juga: Danrem 045/Gaya Hadiri Pertemuan Tahunan Bank Indonesia 2020


Eksplorasi konten lain dari Journalarta

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Related Posts