NewsTechno

Tank Boat Antasena Kapal Tempur Buatan Indonesia

Tank Boat Bernama Antasena Hasil Karya Anak Bangsa Untuk Pertahanan NKRI.

Jakarta, Journalarta.com – PT Pindad (Persero) menjadi lead integrator bekerjasama dengan PT Lundin Industry Invest, PT Len Industri (Persero), dan PT Hariff telah mengembangkan serta memproduksi Alutsista (Alat Utama Sistem Senjata Tentara Nasional Indonesia) terbaru yang akan di gunakan untuk memperkuat kedaulatan dan pertahanan Negara Kesatuan Republik Indonesia yakni Tank Boat bernama Antasena.

Hasil karya anak Negeri tersebut merupakan Tank Boat canggih yang dapat beroperasi di Laut, Sungai, Rawa, dan Pantai (Ralasuntai) di mana uji coba ketahanan Tank di lakukan di perairan Banyuwangi pada 28 April lalu. Kini, proses pengujian telah mencapai tahap uji internal untuk memeriksa kembali seluruh fungsi kapal di atas air.

Baca juga: TNI AL Larang Personelnya Mudik Lebaran Tahun 2021

Tank Boat yang di gadang-gadang memiliki kemampuan mengangkut 60 personel pasukan dan di awaki oleh 5 orang kru juga di lengkapi dengan senjata utama RCWS (Remote Controlled Weapon Station) kanon kaliber 30mm dan dua senapan mesin 12,7mm.

Layaknya Tank Kavaleri, dari sisi kecepatan Antasena mampu menempuh maksimum 40 knot serta daya jelajah hingga 600 Nautical Mile (Nm).

Melalui kerjasama dua BUMN ini, Tank Boat dapat di gunakan untuk memenuhi kebutuhan TNI dalam melakukan pengeoperasiannya di berbagai titik khusus (rawa, laut, sungai, dan pantai) serta tugas penjagaannya dalam upaya mempertahankan wilayah perairan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dari kegiatan ilegal.

Sebagai informasi RCWS adalah sistem kendali senjata jarak jauh, biasanya sistem ini dapat di integrasikan dengan senjata-senjata yang sudah di operasionalkan oleh prajurit TNI Angkatan Darat.(red)

Baca juga: Inilah Kecanggihan dan Spesifikasi Senjata SS2-V4 Buatan PT.Pindad


Eksplorasi konten lain dari Journalarta

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Related Posts