Daerah

Saat Hujan, Warga Desa Perlang Keluhkan Air Genangi Rumahnya

Warga Desa Perlang Keluhkan Air Masuk Dalam Rumah Saat Hujan Deras.

Bangka Tengah, Journalarta.com – Lantaran kesal air masuk kerumah saat hujan deras, warga Desa Perlang, Sipon, minta Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) atasi masalah yang berlarut belasan tahun ini.

“Miris, kok dinas PU Bateng tidak tau masalah ini sudah belasan tahun,” kata Sipon, Senin (17/5/2021).

Menurut Sipon, air masuk kerumahnya dan beberapa rumah warga lainnya berasal dari dataran tinggi. Setiap kali hujan deras, pasti ia bersama keluarganya di repotkan membersihkan air ini.

“Apalagi 1 hari sebelum hari raya idul fitri hujan deras, kami di sibukan membersihkan air masuk kerumah, bukan sibuk masak makanan. Siapa yang tidak kesal, setiap kali hujan deras terus terjadi seperti ini,” ungkapnya.

Keluhan ini menurut Sipon sudah ia sampaikan ke pihak berwenang. Salah seorang anggota DPRD Bateng, Era Susanto sudah menyerap aspirasi masyarakat jalan Air Rahmat Desa Perlang.

Baca juga: Pemkab Bangka Tengah Siapkan Rp13 Milyar Untuk THR ASN

“Pas Pak Era Susanto reses kemarin juga sudah kami sampaikan, beliau respon cepat,” ujar Sipon.

Sipon menceritakan, pada tahun 2016 lalu, Dinas PU Bateng mengaspal jalan Lingkar Desa Perlang. Hanya saja, jalan air rahmat menuju ke pemandian warga yang telah di puruh sampai sekarang tidak di aspal. Jangankan aspal, siring dan platduiker saja tidak di buat.

“Tidak adanya siring, platduiker dan aspal inilah membuat jalan rusak serta rumah kamipun terus terusan menjadi alur air mengalir saat hujan,” tegas sipon sembari mengingatkan Dinas PU Bateng, agar turun kelapangan sehingga permasalahan warga terkait potensi bencana alam banjir teratasi dengan cepat.

“Ingat, jangan sampai terjadi lagi jalan yang sudah di aspal kemudian di tingkatkan, sementara jalan tanah puruh di biar hingga rusak. Kami warga biasa juga perlu di perhatikan,” pungkasnya.

Ketua Komisi III DPRD Bateng, Era susanto merespon cepat aspirasi warga Desa Perlang. Ia juga akan menyampaikan langsung permasalahan di Jalan Air rahmat Desa Perlang ke Dinas PU Bateng.

Sementara itu, Kepala Dinas PU Bangka Tengah masih berupaya di konfirmasi.(red/rls)

Baca juga: 10.2 Dalam Lingkaran Penambangan Timah Kolong Merbuk Bangka Tengah


Eksplorasi konten lain dari Journalarta

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Related Posts