DaerahHealthNews

Didapati 4 Orang Pengunjung Cafe di Pangkalpinang Positif Covid-19

Tim Gabungan Satgas Covid-19 Lakukan Swab Antigen Massal Bagi Pengunjung Cafe di Pangkalpinang.

Pangkalpinang, Journalarta.com – Tim gabungan Satgas Covid-19 Prov. Kep Bangka Belitung dan Kota Pangkalpinang dibantu TNI, Polri lakukan Swab Antigen Massal ke pengunjung di Sejumlah Cafe yang ada di kota Pangkalpinang, Sabtu (22/5/2021) malam.

Sebanyak 400 lebih pengunjung Cafe dan Warkop yang terjaring dilakukan Swab Antigen dan 4 orang di nyatakan Positif Covid-19. Dari 4 orang yang positif di dapati, 1 di Warkop Kopi Joni, 1 di Cafe Labanca, 1 di Cafe Freedom dan 1 lagi di pusat jajanan Telok Atok.

“Jadi pada hari ini kita lakukan Swab, di Labanca ada 150an lebih, di Kopi joni itu ada 70an lebih sehingga sudah 200an di dapatkan 2 positif dari tim 1. Tim 2 melakukan 2 tempat dapat 2 positif, jadi malam ini mendapatkan hasil positif ada 4 orang. Dari 4 orang ini kita lakukan pemeriksaan lebih lanjut kita lakukan pengambilan Swab PCR,” ungkap dr. Mgs Hakim, Kadinkes Kota Pangkalpinang.

Kepada media dr. Hakim mengatakan, sesuai arahan Sekda Kota Pangkalpinang yang positif akan langsung di bawa untuk di Karantina di Wisma Karantina.

“Sesuai dengan arahan buk sekda tadi yang positif hari ini kami karantina di wisma karantina kota pangkalpinang.
Besok akan kita lakukan tindak lanjut lebih jauh berupa pemeriksaan PCR ke dua atau kita kembalikan karena ini ada yang dari bangka barat, nanti kita koordinasikan ke bangka barat kita akan alihkan isolasinya karena mereka adalah pendatang di sini tinggal disini sehingga kita transfer ke wilayah mereka seperti itu,” jelasnya.

dr. Hakim juga mengarahkan agar Cafe tersebut untuk tutup sementara untuk di lakukan pembersihan.

“Mungkin tempat ini kita arahkan untuk tutup sementara untuk di lakukan pembersihan dan juga untuk memberikan efek jera untuk dia melaksanakan Protokol Kesehatan,” tuturnya.

dr. Hakim menghimbau kepada para pengunjung untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, salah satu kita sekarang ini bukan 3 M lagi tapi sudah 5M, mencuci tangan, menjaga masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan.

“Nah ini kerumunan kan terus yang terakhir itu menggurangi mobilisasi inikan banyak kita liat tadi ada dari luar nah itu brarti mobilisasi kan jadi mengurangi mobilisasi, mantap dirumah saja diam diri dirumah mungkin itu himbauan,” himbaunya.

“kepada pengelola cafe kami himbau untuk tetap melakukan protokol kesehatan nanti semakin ke depan kita semakin tegas karena kasus semakin banyak,” tambahnya.

Semantara itu, Sekertaris Daerah (Sekda) Kota Pangkalpinang, Radmida Dawam menambahkan bagi Cafe Cafe yang terdapat pengunjung positif Covid akan di lakukan penyegelan dan di berikan Sp1 sampai Sp 3. Hal ini dilakukan untuk mengecek kepatuhan akan pelaksanaan pencegahan penyebaran covid di Pangkalpinang.

“Setelah ini akan dilakukan sp 1 sampai sp 3 bagi resto resto yang ada dan terdapat pengunjung positif covid sehingga akan dilakukan penyegelan bagi tempat usaha yang ada. dan ternyata pengunjung bukan hanya dari Pangkalpinang tetapi ada dari kabupaten,” tegasnya.

“Setelah terbukti maka akan dilakukan karantina di RSUD untuk dilakukan pengobatan bagi yang terbukti covid 19,” pungkas Radmida. (Fjr/red).


Eksplorasi konten lain dari Journalarta

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Related Posts