Daerah

Tekan Angka Kemiskinan, Pemkab Bangka Tengah Lounching Sistem SILAKSO

Tanggulangi Kemiskinan, Pemkab Bangka Tengah Lounching Sistem SILAKSO. 

Bangka Tengah, Journalarta.com – Tanggulangi angka kemiskinan, Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) melaunching Sistem Layanan Kesejahteraan Sosial (SILAKSO) di Sekretariat Bersama, Jl. Soekarno Hatta II Kelurahan Koba, Kecamatan Koba, Senin (24/5/2021).

Dalam sambutannya, Bupati Bateng, Algafry Rahman mengatakan bahwa program SILAKSO merupakan pelayanan sosial satu pintu yang bertujuan meningkatkan efektivitas dan efisiensi penanggulangan kemiskinan.

“Kegiatan ini juga dalam rangka memberikan perlindungan sosial dan upaya penanggulangan kemiskinan kepada masyarakat,” ujar Algafry.

Algafry menjelaskan SILAKSO ini di inisiasi melalui pertimbangan bahwa kemiskinan merupakan permasalahan yang mendesak sehingga memerlukan langkah-langkah penanganan dan pendekatan yang sistematik, terpadu dan menyeluruh dalam rangka mengurangi beban serta memenuhi hak-hak dasar warga negara secara layak, bermartabat dan juga memenuhi hak atas kebutuhan masyarakat demi tercapainya kesejahteraan sosial.

Ia juga mengatakan bahwa angka kemiskinan di Kabupaten Bateng tahun 2020 adalah sebesar 4,85 persen.

“Trend angka kemiskinan di Bateng adalah 4,85 persen ini cendrung menurun dari tahun sebelumnya sebesar 5.02 persen,” ungkap Algafry.

Baca juga: 175 CPNS Bangka Tengah Ikuti Pelatihan Pra Jabatan

“Meskipun menurun, kita tetap harus bersinergi berjuang untuk menurunkan angka kemiskinan demi menuju kesejahteraan sosial Masyarakat Bateng yang bermartabat di bumi Selawang Segantang,” timpal Algafry.

Algafry berharap program SILAKSO ini dapat memberikan solusi dan membantu masyarakat, khususnya masyarakat miskin dan rentan miskin.

“SILAKSO juga harus mampu mengakses berbagai layanan perlindungan sosial dan penanggulangan kemiskinan yang dikelola pemerintah sesuai dengan kebutuhan, Seperti Program Keluarga Harapan (PKH), Program Sembako, Pendidikan, Kesehatan, Bantuan Sosial Daerah, Swasta, Program Pemberdayaan Ekonomi dan lainnya,” ulas Algafry panjang lebar.

Ia juga mengajak semua pihak yang terkait dapat bekerjasama di dalam layanan kesejahteraan sosial satu pintu ini.

“Semoga kita semua amanah dalam melaksanakan tugas, mengedepankan niat dalam membantu sesama, sehingga dapat memberikan kepuasan dan layanan optimal kepada masyarakat, akhirnya tujuan mensejahterakan masyarakat tercapai,” pungkas Algafry.(red)

Baca juga: Pemkab Bangka Tengah Kembali Rekrut 625 CPNS dan P3K


Eksplorasi konten lain dari Journalarta

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Related Posts