News

Jadi Anggota Komcad, Dapat Gaji atau Tidak?

Awal Juni 2021, Kemenhan Membuka Pendaftaran Calon Komcad.

Jakarta, Journalarta.com – Tahun 2021 ini, Kemeterian Pertahanan (Kemenhan) akan segera membuka pendaftaran calon anggota Komponen Cadangan (Komcad).

Komponen Cadangan adalah Sumber Daya Nasional yang telah di siapkan untuk di kerahkan melalui mobilisasi guna memperbesar dan memperkuat kekuatan dan kemampuan Komponen Utama.

Setelah jadi anggota Komcad, masyarakat bertanya tentang berapa gaji yang akan di terimanya. Di ketahui, Negara tidak mengeluarkan biaya untuk membayar gaji dan tunjangan lainnya kepada anggota komcad sebagaimana prajurit TNI.

Soal gaji yang akan di terima Komcad, Undang-undang Nomor 23 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional (PSDN) tak membeberkan hal tersebut.

Melansir dari laman Kementerian Pertahanan, di jelaskan bahwa Komcad bukanlah wajib militer. Komcad merupakan salah satu program sukarela (tidak wajib) yang di amanatkan oleh UU Nomor 23 tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk Pertahanan Negara.

Akan tetapi, selama mengikuti pelatihan Dasar Kemiliteran, Komcad berhak memperoleh uang saku, perawatan kesehatan, Perlengkapan Perseorangan Lapangan dan Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian.

Baca juga: Inilah Syarat Pendaftaran Prajurit Calon Taruna dan Taruni AAL 2021

Seleksi penerimaan calon Komcad akan di adakan pada minggu pertama, kedua, dan ketiga bulan Juni 2021. Pendidikan dan pelatihan dasar kemiliteran, di lakukan selama 3 bulan yang akan di mulai sejak minggu ke-4 bulan Juni sampai dengan September 2021.

Pada gelombang awal, pelatihan tersebut akan di laksanakan di Pulau Jawa dengan kuota sebanyak 2500 pelamar.

Dalam perekrutan ini, pemerintah menunjuk empat markas komando daerah militer (kodam) sebagai lokasi pendaftaran, yakni Kodam Jaya/Jayakarta (Jakarta), Kodam II/Siliwangi (Bandung), Kodam IV/Diponegoro (Semarang), dan Kodam V/Brawijaya (Surabaya).

Pemerintah menyediakan metode pendaftaran melalui aplikasi KomcadApp dan lewat whatsapp dengan nomor 08990170845. Masyarakat juga bisa mengunduh dokumen daftar riwayat hidup dan surat lamaran di komcad.kemhan.go.id.(red)

Baca juga: Kemenhan Buka Pendaftaran Calon Komcad, Berikut Persyaratannya

 

 


Eksplorasi konten lain dari Journalarta

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Related Posts