Daerah

Bank Sumselbabel Koba Permudah Pinjaman Modal Usaha

Bank Sumselbabel Koba Permudah Pinjaman Modal Usaha Bunga 6 Persen

Bangka Tengah, Journalarta.com – Bank Sumselbabel Cabang Koba kucurkan dana Rp.11 Milyar untuk pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

“Sesuai data kita perbulan Mei 2021, sudah Rp. 11 Miliar kita kucurkan dana pinjaman modal usaha ke pelaku UMKM se Bangka Tengah,” kata Kepala Cabang Bank Sumselbabel Koba, Muslimin, Senin (14/6) di ruang kerjanya.

Menurut Muslimin, jumlah pelaku UMKM yang mendapatkan kucuran dana dari pihaknya kurang lebih sebanyak 400 nasabah. Usahanya beragam, mulai dari pedagang kaki lima, pelaku usaha perkebunan sawit, jual beli sawit, kebun karet, perbengkelan dan lain-lain.

“Rata-rata mereka pinjam modal untuk pengembangan usahanya hingga lebih besar,” ujar Muslimin.

Muslimin juga mengungkapkan pinjaman modal usaha per nasabah bervariatif, mulai dari Rp.3jutaan hingga Rp.500 juta tergantung anggunan dan kemampuan nasabah dalam membayar kredit.

“Untuk pinjaman dengan angka maksimal Rp.500 juta ada 10 nasabah, dan sisanya meminjam modal di bawah Rp.500 jutaan,” ungkap Muslimin.

Baca juga: Kedudukan Cover Note Notaris Dalam Pencairan Kredit Oleh Bank

Muslimin menyebut bunga yang dikenakan kepada nasabah hanya 6 persen pertahun dengan program Kredit Usaha Rakyat (KUR). Syarat peminjaman modalpun standart, yakni identitas diri, anggunanan berupa sertifikat tanah, BPKP Kendaraan. Kemudian setelah berkas lengkap, pihaknya melakukan survey lapangan.

“Keputusan di setujui atau tidak pinjaman modal usaha akan di beritahukan ke nasabah paling lama 14 hari kerja,” ulasnya sembari menyebut selama ini sebagian besar usulan nasabah di setujui Bank Sumselbabel Cabang Koba.

“Kalau memang rill usahanya, dan kita anggap nasabah itu mampu bayar kredit tetap akan di permudah proses pencairan dalam waktu singkat,” timpal Muslimin.

Terkait pengaruh pandemi Covid-19 dengan angsuran kredit, Muslimin mengaku tetap ada namun angka kredit macetnya masih dibawah 1 persen dari total 400 orang nasabah.

“Kendati macet, tapi nasabah Bank Sumselbabel masih konsisten membayar sehingga tidak ada penyitaan anggunan atau jaminan dari kami hingga sekarang,” ulasnya.

Pada kesempatan ini, Muslimin mengajak warga Bateng untuk tetap menggunakan fasilitas Bank Sumselbabel dalam transaksi pembayaran apapun, terutama kegiatan perkreditan.

“Khusus kegiatan KUR, kami tidak akan mempersulit warga, prosesnya pun cepat dengan suku bunga 6 persen pertahun,” pungkas Muslimin.(Red)

Baca juga: Bank SumseBabel Koba Hanya Menyisakan Uang Pecahan 2000 dan 1000


Eksplorasi konten lain dari Journalarta

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Related Posts