HealthNews

Pemerintah Jaga Pasokan Oksigen Medis Kebutuhan Rumah Sakit

Pasokan Oksigen Medis di Sejumlah Rumah Sakit Pasien COVID-19 Terpenuhi.

Jakarta, Journalarta.com – Meningkatnya kebutuhan pasokan oksigen medis di sejumlah rumah sakit (RS) yang menangani pasien COVID-19 di seluruh wilayah Indonesia sudah di antisipasi pemerintah.

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menggandeng Asosiasi Gas Industri Indonesia (AGII) dan para pelaku industri untuk menjaga ketersediaannya.

Melansir info grafis unggahan akun instagram @lawancovid19_id, Jum’at (25/6/21) Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan bahwa Kemenperin akan terus memastikan kebutuhan oksigen di Rumah Sakit terpenuhi dan sudah di sanggupi oleh asosiasi. Kemenperin berharap industri yang menyuplai gas oksigen untuk medis juga mendapatkan pasokan listrik terus menerus.

“Kami meminta perusahaan listrik negara memastikan ini,” ungkapnya.

Menteri Agus juga memastikan jumlah tabung oksigen di Jawa Tengah hingga saat ini masih mencukupi. Apabila kekurangan dapat lebih dulu menggunakan tabung milik produsen, atau mengambil stock yang ada di Jawa Barat dan Jawa Timur.

Baca juga: Covid Melonjak, Kasus Positif Nasional Capai 13.737 Orang/Hari

“Adapun gas oksigen untuk kebutuhan industri di salurkan setelah kebutuhan untuk rumah sakit atau fasilitas kesehatan terpenuhi. Hingga saat ini pengaturan keduanya masih terkendali,” tuturnya.

Berikut upaya lain yang di lakukan Kemenperin dalam memenuhi kebutuhan pasokan oksigen medis di sejumlah Rumah Sakit:

  1. Memprioritaskan produksi dan distribusi gas oksigen untuk kebutuhan RS dan faskes yang tangani lonjakan kasus Covid-19.
  2. Melakukan silang suplai oksigen dengan daerah lain untuk kebutuhannya tidak mendesak.
  3. Berkoordinasi dengan PLN untuk pastikan aliran Listrik lancar di kawasan industri gas oksigen.
  4. Memprioritaskan produksi dan distribusi gas oksigen untuk kebutuhan RS dan faskes yang tangani lonjakan kasus Covid-19.
  5. Berkoordinasi dengan pemda terkait update data kebutuhan oksigen, terutama di RS yang menampung pasien Covid-19.(Red)

Baca jugaSatgas Covid-19 Pangkalpinang Lakukan Vaksinasi Massal

 


Eksplorasi konten lain dari Journalarta

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Related Posts