News

KRI dan Kapal Perang Turki Latih Kapal Perang Lebanon

KRI Sultan Iskandar Muda dan Kapal Perang Turki Latih Kapal Perang Lebanon di Laut Mediterania

Jakarta, Journalarta.com – KRI Sultan Iskandar Muda-367 (SIM) yang tergabung dalam Satgas MTF TNI XXVIII-M/UNIFIL dan Kapal Perang Turki memberikan kontribusinya kepada Perdamaian Dunia melalui upaya pelatihan Advance MIO (Maritime Interdiction Operation) Integration Training kepada Angkatan Laut Lebanon yang telah di programkan oleh MTF/UNIFIL mulai tanggal 23 s.d. 25 Juni 2021.

Jenis latihan ini di laksanakan dengan melibatkan command centre, unsur patroli dan satuan radar sehingga di harapkan Angkatan Laut Lebanon mampu mengamankan wilayah laut mereka dengan baik tanpa bantuan dari PBB nantinya, di Laut Mediterania Lebanon, Jumat (25/06/2021).

Pada puncak rangkaian kegiatan latihan ini, KRI SIM menggandeng kapal perang Turki TCG Heybeliada F-511 untuk melaksanakan latihan bersama “Seamanex”(Sea Maneuvering Exercise) dengan melibatkan LNS Sour yaitu Kapal Perang Angkatan Laut Lebanon di perairan Laut Mediterania.

Baca juga: TNI AL Larang Personelnya Mudik Lebaran Tahun 2021

Pada kesempatan latihan puncak tersebut KRI SIM juga melaksanakan operasi Helikopter AS 565 MBE PANTHER(HS-4206), yaitu melaksanakan Air MIO sebagai kepanjangan mata dan tangan KRI melaksanakan patroli perairan Laut Mediterania.

Komandan KRI SIM Letkol Laut (P) Abdul Haris, S.E., M.M.D.S., dalam keterangannya menyampaikan “PBB melalui MTF/UNIFIL telah mempercayakan KRI SIM untuk memimpin rangkaian kegiatan pelatihan kepada Angkatan Laut Lebanon. Latihan tersebut tidak kami sia-siakan dengan menunjukan kemampuan terbaik secara profesional dengan mengutamakan zero accident terutama di tengah situasi pandemi Covid-19,”Ungkap Abdul Haris.

Baca juga: Danguspurla Koarmada I TNI AL Kunjungi KRI Sembilang-850 Babel

Source: Puspen TNI


Eksplorasi konten lain dari Journalarta

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Related Posts