News

Tren Kasus Meningkat, Pemerintah Perketat Pengendalian Pandemi di Luar Jawa

Konfirmasi Kasus Harian Secara Nasional Mulai Mengalami Penurunan

Jakarta, Journalarta.com – Setelah sempat menyentuh angka 57.000 kasus, konfirmasi kasus harian secara nasional mulai mengalami penurunan. Begitu juga dengan rata-rata tingkat keterisian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) yang mengalami penurunan dalam seminggu terakhir. Namun, Menteri Kesehatan Budi Gunadi menekankan, pemerintah tetap waspada karena pandemi belum berakhir.

“Bapak Presiden menekankan, kita bersyukur bahwa kerja keras kita sudah berhasil menurunkan angka konfirmasi dan tekanan di rumah sakit, tapi jangan lupa kita harus terus waspada,” ujar Menkes dalam keterangan pers usai mengikuti Rapat Terbatas yang di pimpin oleh Presiden Joko Widodo melalui konferensi video, Senin (02/08/2021).

Penurunan kasus nasional di kontribusikan oleh menurunnya kasus di sejumlah wilayah di Pulau Jawa setelah penerapan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat serta PPKM Level 4 di Pulau Jawa dan Bali.

Baca juga: Mulai 7 Juni, Kemenkes Izinkan Pelaksanaan Vaksin Tahap 3 di Jakarta

“Penurunan [kasus] itu terjadi, tekanan/beban di rumah sakit terutama daerah-daerah seperti DKI Jakarta, Jawa Barat yang besar-besar sudah kelihatan penurunan yang cukup signifikan. Kita masih melihat beberapa daerah masih belum turun dan ada kenaikan, terutama untuk di daerah luar Jawa,” ujar Menkes.

Untuk mengendalikan peningkatan kasus yang terjadi di luar Jawa-Bali, papar Budi, pemerintah akan mereplikasi upaya penanganan yang telah di lakukan di Jawa dan Bali.

“Jadi bagaimana testing-nya di tingkatkan supaya cepat mengetahui siapa yang kena. Kalau ada yang kena kita tingkatkan juga tempat isolasi terpusatnya agar mereka bisa di isolasi dengan cepat [sehingga] tidak menularkan ke keluarganya,” paparnya.(red)

Baca jugaKemenkes Tentukan HET Untuk Obat Terapi Covid-19


Eksplorasi konten lain dari Journalarta

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Related Posts