Daerah

Bupati Bateng Hadiri Panen Bawang Merah Serta Penyerahan Sertifikat Holtikultura

Bupati Bangka Tengah Hadiri Panen Bawang Merah Serta Penyerahan Sertifikat Holtikultura

Bangka Tengah, Journalarta.com – Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman, S.T., bersama Wakil Bupati Bangka Tengah, Herry Erfian, S.T., menghadiri acara Panen Bawang Merah dan Penyerahan Sertifikat Registrasi Kebun Hortikultura bertempat di Kelompok Tani Ma’iisyah Mulia Kelurahan Padang Mulia, Kecamatan Koba Kabupaten Bangka Tengah, Selasa (19/10/21).

Algafry Rahman,S.T., menyampaikan bawang merupakan salah satu komoditas hortikultura yang nilai harga jual cukup tinggi di Kabupaten Bangka Tengah. Komoditas bawang merah juga menjadi salah satu komoditas penyumbang inflasi tertinggi di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, karena terbatasnya produksi dalam daerah sehingga masih didatangkan dari luar pulau Bangka.

“Oleh karena itu, perlu ada dukungan dari berbagai pihak untuk mendorong petani dalam meningkatkan budidaya komoditas bawang merah yang ada di Kabupaten Bangka Tengah. Ini memang kegiatan yang selalu kita dukung. Terima kasih kepada BI (Bank Indonesia-red) yang telah membantu dan mendukung penanaman bawang dan cabai yang ada di Bangka Tengah ini,” tutur Algafry.

Disamping itu, Algafry Rahman, S.T., menjelaskan dukungan administrasi dan teknis untuk pengembangan tanaman bawang merah dilaksanakan melalui program registrasi kebun hortikultura tahun anggaran 2021. Registrasi kebun adalah penyerahan penghargaan berupa sertifikat/nomor register sebagai identitas kebun/lahan usaha tani bahwa telah menerapkan praktek pertanian sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) dan prinsip PHT (pengendalian hama terpadu). Tujuan dari register kebun ini adalah untuk menyiapkan persyaratan sistem, jaminan mutu, mempermudah proses telusur balik, mendorong percepatan akses pasar dan meningkatkan mutu dan keamanan produk.

“Perkembangan tanaman bawang merah ini tidak terlepas dari komitmen Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah dalam hal stimulasi modernisasi budidaya pertanian melalui fasilitas bantuan alat dan mesin pertanian serta pembangunan Laboratorium Produksi MA-11 yang dapat menekan biaya produksi penggunaan pupuk kimia 80% sehingga diharapkan dapat terwujudnya efisiensi biaya produksi dan praktik pertanian sehat, hemat dan ramah lingkungan,” jelas Algafry.

Pada kesempatan ini orang nomor satu di Bangka Tengah mengucapkan terima kasih kepada undangan yang sangat bersemangat untuk hadir dan berpartisipasi dalam acara panen bawang merah.

“Semoga hal ini dapat terus ditingkatkan dengan baik di tahun-tahun yang akan datang,” harap Algafry.

Saat di temui, Haris selaku Ketua Kelompok Tani mengatakan rasa syukurnya atas terlaksananya panen bawang merah sumber dana APBD Kabupaten Bangka Tengah Tahun 2021 ini.

“Sebelumnya ada kegiatan penanaman bersama Pak Bupati, hari ini dengan kuasa Allah juga kita berkesempatan untuk panen bersama Bupati didampingi wakilnya. Mudah-mudahan kehadiran para pemimpin kita, bisa memberikan semangat kepada para petani di Bangka Tengah ini,” ungkapnya.

Turut hadir dalam kegiatan Wakil Bupati Bangka Tengah, Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bangka Belitung, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bangka Tengah, Kepala Dinas Diskominfosta Bangka Tengah, Camat Koba, Lurah Padang Mulia, Penyuluh Pertanian Lapangan se Kecamatan Koba, Kelompok Tani Ma’iisyah Mulia dan para tamu undangan lainnya.


Eksplorasi konten lain dari Journalarta

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Related Posts