Daerah

Warga Rambak Terima Lima Jamban Dari BAZNAS Kabupaten Bangka

Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Bangka Serahkan 5 Jamban Kepada Warga Rambak

Bangka, Journalarta.com – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Bangka menyerahkan bantuan 5 Jamban kepada para penerima warga masyarakat lingkungan Rambak Kelurahan Jelitik Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka.

Dalam kegiatan tersebut bantuan langsung diserahkan oleh Asisten satu bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Bangka, Tedi Sudarsono didampingi oleh Ketua dan anggota BAZNAS disaksikan oleh Lurah Jelitik, Riyadi Achmad serta Camat Sungailiat, Ramzi, Senin (15/11/21).

Ketua BAZNAS Kabupaten Bangka, H. Nasir Hasan dalam sambutannya mengatakan bahwa penyerahan secara simbolis yang dilakukan oleh Pemkab Bangka melalui Asisten satu bidang Pemerintahan dan Kesra kepada lima orang penerima warga lingkungan Rambak Kelurahan Jelitik Kecamatan Sungailiat disaksikan oleh Lurah Jelitik dan Camat Sungailiat.

“Bahwa untuk tahun 2021 pembuatan jamban ini program kerjasama dengan dinas kesehatan kabupaten Bangka, ada 63 paket. Untuk Sungailiat ada 5 unit kemudian Mendobarat ada 10 unit, serta untuk Belinyu ada 48 unit,” Terang Nasir Hasan.

Dikatakannya, pada tahun 2020 kemarin BAZNAS Kabupaten Bangka untuk kegiatan jamban ini ada 100 unit yang tersebar di delapan Kecamatan se Kabupaten Bangka.

“Dengan demikian kita akan terus berbuat untuk pembangunan jamban ini. Sebab kita ketahui ini untuk mensukseskan ODF (Open Defication Free -red) suatu kondisi ketika masing-masing individu atau seluruh komunitas masyarakat bebas dari buang air besar sembarangan,” Jelasnya.

Sementara itu, Asisten satu bidang Pemerintahan dan Kesra, Tedi Sudarsono mengutarakan untuk kegiatan ini sangat bagus sebagai informasi kepada masyarakat terkait program BAZNAS yang memang bergerak dan peduli kepada masyarakat yang membutuhkan, agar program kegiatan BAZNAS dapat tetap sasaran.

“Selama ini kita tau bahwa program BAZNAS selama ini sudah berjalan dan dengan adanya publikasi terkait kegiatan seperti ini biar masyarakat dan publik tau bahwa program BAZNAS Kabupaten Bangka peduli dengan keadaan masyarakat yang ada di Kabupaten Bangka,” Ungkap Tedi Sudarsono.

Ia menambahkan, bahwa kegiatan ini merupakan program Pemerintah yang didukung penuh oleh BAZNAS agar masyarakat dapat terbebas dari buang air besar sembarangan.

“Kalau kita lihat jaman dahulu orang tidak berpikir masalah WC atau jamban ini, kalau mau buang air besar maupun kecil dapat secara sembarang tempat saja asalkan ada aliran airnya. Kalau sekarang tidak dapat seperti dulu lagi yang mana penduduk makin padat, rumah makin banyak dan lingkungan sekitar makin ramai,” Kata Asisten satu bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Bangka.(red)


Eksplorasi konten lain dari Journalarta

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Related Posts