Daerah

Penyerahan DIPA dan TKDD Tahun 2022 di Terima Oleh Bupati Bateng

Penyerahan DIPA Dan TKDD Tahun 2022 Di Terima Oleh Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman

Pangkalpinang, Journalarta.com – Penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Daftar Alokasi Dana Transfer ke Daerah dan Dana Desa Tahun 2022 diselenggarakan di Ruang Rapat Pasir Padi Kantor Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Kamis (02/12/21) dihadiri Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman, ST.

Dalam kesempatan ini Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Dr. H. Erzaldi Rosman, SE., MM mengatakan bahwa kegiatan hari ini merupakan momen penting untuk melakukan evaluasi dan perbaikan atas pelaksanaan DIPA Tahun 2021 serta langkah-langkah yang akan kita lakukan di Tahun 2022.

“APBN harus digunakan dan diprioritaskan terutama dalam Penanganan Kesehatan, Perlindungan Sosial Masyarakat Miskin dan Rentan, Peningkatan Sumber Daya Manusia yang Unggul Berintegritas dan Berdaya Saing, Melanjutkan Pembangunan Infrastruktur dan Meningkatkan Kemampuan Adaptasi Teknologi, Penguatan Desentralisasi Fiskal untuk Peningkatan dan Pemerataan Kesejahteraan Antar Daerah, dan Melanjutkan Reformasi Anggaran,” jelas Erzaldi.

Menurutnya, pokok-pokok Kebijakan Alokasi Dana Transfer ke Daerah dan Dana Desa Tahun 2022 menjadi fokus Pemerintah yaitu Melanjutkan Kebijakan Perbaikan Kualitas Belanja Daerah untuk Peningkatan dan Pemerataan Kesejahteraan Antar Daerah, Melanjutkan Penguatan Sinergi Perencanaan Penganggaran Melalui Peningkatan Harmonisasi Belanja Daerah, Melanjutkan Kebijakan Peningkatan Infrastruktur Publik Daerah, Peningkatan Efektifitas Penyaluran DAK Fisik dan Non Fisik, Menggunakan Dana Desa Sebagai Instrumen untuk Pemulihan Ekonomi di Desa.

“Kepada seluruh Bupati/Walikota agar benar-benar menggunakan Alokasi Dana Desa Tahun 2022 dengan sebaik-baiknya sehingga dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya untuk pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Percepat belanja daerah agar bisa mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah, gunakan untuk pemulihan ekonomi dan percepatan penanganan kemiskinan,” harap orang nomor satu di Babel ini.

Menutup sambutan Erzaldi Rosman berharap agar tetap bersemangat dalam menjaga perekonomian dan terus kreatif serta inovatif demi tercapainya peningkatan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat .

Terkait hal ini, Algafry Rahman, ST., selaku Bupati Bangka Tengah mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah akan menggunakan Alokasi Dana Desa Tahun 2022 dengan sebaik-baiknya sehingga dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya untuk pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Bangka Tengah.

“Alhamdulillah hari ini kita telah menerima TKDD Tahun Anggaran 2022. Hal-hal yang berkaitan dengan anggaran ini sudah kami siapkan untuk dilaksanakan secepatnya terutama dalam hal penyerapan terhadap pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Bangka Tengah,” ujar Algafry.

Acara dilanjutkan dengan Penyerahan Alokasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) Tahun Anggaran 2022 serta Penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Petikan Tahun Anggaran 2022 oleh Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Adapun rincian Alokasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) Tahun Anggaran 2022 yaitu :
1. Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung senilai Rp 1,42 Triliun.
2. Pemerintah Kota Pangkalpinang senilai Rp 632,51 Milyar.
3. Pemerintah Kabupaten Bangka senilai Rp 915,40 Milyar.
4. Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah senilai Rp 709,29 Milyar.
5. Pemerintah Kabupaten Bangka Barat senilai Rp 688,18 Milyar.
6. Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan senilai Rp 756,77 Milyar.
7. Pemerintah Kabupaten Belitung senilai Rp 740,92 Milyar.
8. Pemerintah Kabupaten Belitung Timur senilai Rp 648,52 Milyar.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Forkopimda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Instansi Vertikal, Bupati/ Walikota se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Sekda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kepala OPD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, dan tamu undangan lainnya.(red)


Eksplorasi konten lain dari Journalarta

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Related Posts