Daerah

DPRD Bangka Gelar Rapat Paripurna Pengesahan Raperda Penyertaan Modal

DPRD Bangka Gelar Rapat Paripurna Pengesahan Raperda Penambahan Penyertaan Modal Bank Sumsel Babel

Bangka, Journalarta.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bangka menggelar rapat paripurna pengesahan Raperda Penambahan Penyertaan Modal Bank Sumsel Babel dan penyampaian hasil Reses yang dilaksanakan di kantor sekretariat DPRD Kabupaten Bangka, Senin (6/12/21).

Rapat dipimpin langsung ketua DPRD, Iskandar, S.I.P dan wakil ketua serta dihadiri oleh Bupati Bangka, Mulkan, SH, MH. Pada kesempatan tersebut hadir para Forkompinda, Kepala OPD, Sekda Bangka, Asisten, staf ahli, Camat, Kabag, Lurah, Darma Wanita, Ibu-ibu IKad, GOW, staf sekretariat DPRD Kabupaten Bangka.

Iskandar, dalam amanatnya mengatakan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tersebut merupakan usulan Bupati Bangka
yang telah ditetapkan diluar Propemperda Kabupaten Bangka tahun 2021. Hal tersebut telah disampaikan oleh Bupati Bangka melalui rapat paripurna tanggal 15 Nopember yang lalu, dan telah dilakukan pengkajian serta pembahasan oleh Panitia Khusus (Pansus) X bersama-sama dengan OPD terkait Pemkab Bangka.

“Bahwa Raperda tersebut berdasarkan usulan dari Pemkab Bangka melalui Bupati Bangka dan telah melalui proses pengkajian dan juga pembahasan oleh Pansus X DPRD bersama OPD terkait untuk selanjutnya akan di sahkan menjadi Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Bangka,” Jelas Iskandar.

Dijelaskannya, terkait hasil reses yang dilakukan pada tanggal 27 – 28 november 2021, anggota DPRD Kabupaten Bangka telah lakukan kegiatan reses di daerah pemilihan (Dapil) masing-masing.Tujuan dari kegiatan reses untuk menyerap dan menampung aspirasi masyarakat, guna menindaklanjuti
masukkan dan usulan dari masyarakat. Serta pertanggung jawaban moral dan politis kepada konstituen di daerah pemilihan sebagai perwujudan perwakilan rakyat dalam pemerintahan.

“Aspirasi yang disampaikan dalam kegiatan reses tersebut terkait permasalahan-permasalahan
umum, seperti perbaikan penunjang infrastruktur sarana umum, kesehatan, pendidikan, pertanian, perkebunan, pertambangan, dan sebagainya,” Ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Bangka Mulkan, SH, MH menyampaikan bahwa penambahan penyertaan modal Pemkab Bangka kepada PT. Bank SumselBabel tahun ini sebesar 3 milyar. Karena sudah 3 tahun Pemkab Bangka tidak ada penyertaan modal daerah kepada PT. Bank Pembangunan Daerah Sumsel Babel maka dari itu dana Pemkab Bangka yang ada saat ini di Bank Sumsel Babel dari sekitar 34 milyar kini dengan adanya penambahan menjadi 37 milyar.

“Inilah salah satu bentuk langkah kita terutama bagaimana terhadap peningkatan pendapatan asli daerah kita, yakni melalui dana deviden kita. Jadi tidak semua anggaran itu kita pakai secara keseluruhan tetapi kita harus mempunyai sebuah bentuk simpanan dan tabungan kita yang ada di PT. Bank Sumsel Babel cabang Sungailiat,” Ujar Mulkan.

Di tempat sama, Direktur Bank Sumsel Babel cabang Sungailiat, Ramli berujar berdasarkan usulan dari DPRD Kabupaten Bangka sebesar 6 milyar dalam 3 tahun. Mudah-mudahan tahun depan terealisasi 3 milyar, kemudian tahun berikutnya 2 milyar dan tahun 2024 menjadi 1 milyar.

“Untuk deviden yang di peroleh Pemkab Bangka tahun 2020 yang lalu sekitar 5,2 milyar yang telah dibayarkan oleh Bank Sumsel Babel kepada Pemkab, dan mudah-mudahan untuk tahun ini dapat meningkat karena Pemkab Bangka telah menambah penyertaan modal kepada Bank Sumsel Babel sebesar 3 milyar,” Kata Direktur Bank Sumsel Babel Cabang Sungailiat.


Eksplorasi konten lain dari Journalarta

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Related Posts