Techno

Berikut Tips Mengatasi Handphone Panas Dan Penyebabnya

Smartphone Panas Bisa Disebabkan Oleh Beberapa Faktor

Journalarta.com – Hampir semua orang memiliki smartphone saat ini. Dan kita semua pastinya pernah berdosa dengan cara mengisi smartphone kita dengan aplikasi-aplikasi terbaru saat ini. Ngga lupa juga memenuhi galeri kita dengan ribuan foto selfie dan video yang tanpa kita sadari terunduh karena kita nge-klik video tersebut dari grup keluarga kita. Saat kamu sedang berpetualang secara digital dengan smartphonemu, kamu mungkin mulai merasakan tanganmu panas meskipun kamu memasang cover pada telepon pintarmu, dan jarimu serasa meleleh saat menekan layar cantik smartphonemu itu.

Lalu apa sih penyebabnya dan apa dong tips mengatasi smartphone panas? Ini dia jawabannya!

Telepon genggam dan telepon pintar kian hari semakin kecil dan ramping. Semua dipangkas agar tampilan smartphone bisa enak digenggam dan dibawa-bawa. Namun, tak seperti komputer desktop, telepon genggam tidak dilengkapi dengan cooling system alias sistem pendingin. Satu-satunya jalan mengeluarkan panas yakni dengan mengeluarkannya langsung ke udara, sehingga kamu bisa merasakannya secara langsung.

Smartphone panas bisa disebabkan oleh bermain games yang memerlukan daya yang besar, menonton video, penggunakan kamera dalam waktu yang lama atau bahkan menelepon orang secara audio dan video. Menggunakan pencahayaan layar yang tinggi, penggunaan Wi-Fi atau Data dan multitasking aplikasi seperti mendengarkan lagu sambil browsing internet juga bisa membuat smartphone panas.

Jika kamu ngak punya smartphone kece Samsung dengan teknologi water-cooled nya, kemungkinan besar smartphone yang kamu gunakan saat ini juga sering tersiksa panas dari penggunaan aplikasi yang terlalu berat. Hal ini normal saja kok, namun kamu harus juga sering mengecek temperatur smartphonemu dan memastikan suhunya masih ada pada batas wajar. Dan juga memastikan kesehatan bateraimu masih terjaga. Ini dia beberapa cara mengecek suhu baterai dan kesehatannya.

Jika smartphonemu android, kamu bisa membuka aplikasi tempat dimana kamu melakukan panggilan dan masukan kode ini: *#*#4636#*#*. Pada kebanyakan smartphone android, kode ini akan membawamu pada bagian ‘Battery Information’ atau ‘Informasi Baterai’. Kamu tinggal tap menunya dan baca informasi yang terdapat disana. Jika temperaturnya diantara 25 derajat Celcius-40 derajat Celcius, maka smartphonemu masih ada pada batas wajar. Jika suhunya lebih tinggi atau status kesehatan bateraimu bukan ‘Good’, kamu mungkin punya masalah.

Jika smartphonemu iOs alias iPhone, kamu harus melakukan beberapa langkah yang lebih banyak. Pertama, downloadlah aplikasi dari App Store seperti Lirum Device Info Lite, yang bisa membantumu melihat semua informasi tentang smartphonemu, termasuk juga temperatur dan kesehatan baterai. Smartphonemu masih ada pada batas aman jika suhunya diantar 0-35 derajat Celcius.

Untuk beberapa smartphone Samsung, kedua fungsi di atas ada kalanya tidak berfungsi. Tetapi, kamu bisa menulis kode *#0228# di aplikasi tempat kamu melakukan panggilan.

Nah jika kamu sudah tahu masalahnya dimana, kamu bisa melakukan tindakan lanjutan. Misalnya saja membuka case smartphonemu ketika menggunakan aplikasi yang menyita banyak daya dan mengistirahatkan smartphonemu setelahnya. Kamu juga bisa segera menjual smartphonemu dan menggantinya dengan lebih cepat jika bisa mengawasi kesehatan smartphonemu lebih awal. (*)

 

Source: Ilmupedia

 

 


Eksplorasi konten lain dari Journalarta

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Related Posts