Health

5 Bahaya Suka Begadang Yang Harus Kamu Ketahui

Sering Tidur Kurang Dari 6 Jam Diakibatkan Sering Begadang

Journalarta.com – Seseorang bisa dikatakan begadang bila dia tidak tidur dan terus melakukan aktivitas hingga larut malam. Idealnya, manusia tidur minimal 8 jam sehari. Jika kamu sering tidur kurang dari 6 jam, itu juga bisa diakibatkan oleh kebiasaan begadang. Kurang tidur dan begadang akan berbahaya jika dilakukan terus menerus, karena manusia sendiri pada dasarnya membutuhkan tidur untuk mengistirahatkan tubuh dan pikirannya.

Nah, jika kamu adalah salah satu orang yang sering begadang, kamu harus tahu betapa bahayanya melakukan hal ini setiap harinya! Berikut adalah 5 bahaya jika kamu terbiasa begadang.

1. Daya Tahan Tubuh Menurun

Efek pertama yang wajib kamu ketahui saat kamu keseringan begadang adalah daya tahan menurun. Hal ini berarti, sistem imun dan kekebalan tubuh akan menjadi jelek, yang pada akhirnya berujung mudah terkena penyakit. Penyakit seperti flu, meriang, batuk, dan sakit tenggorokan akan sering menghampirimu. Jika kamu mudah terkena penyakit, pastinya akan sangat mengganggu aktivitas kamu setiap harinya kan?

2. Mudah Mengantuk

Setelah begadang dan kurang tidur, kamu pasti akan mudah merasa mengantuk keesokan harinya setelah terbangun dari tidur. Hal ini bisa terjadi karena tubuh dan organ kamu tidak beristirahat cukup pada malam harinya.

Mengantuk juga bisa menjadi berbahaya. Contohnya, mengantuk saat mengemudi. Jangan anggap enteng lho! Angka kecelakan mobil yang disebabkan oleh sopir yang mengantuk cukup besar di Indonesia!

3. Stress dan Depresi

Dampak yang paling sering ditimbulkan oleh begadang adalah stres dan depresi. Pikiran kamu akan sangat terganggu karena otak juga butuh istirahat. Ketika kamu kurang tidur dan sangat lelah, pikiran kamu pasti tidak akan tenang dan cenderung gelisah. Jika hal ini sering terjadi, ujung-ujungnya pasti kamu akan mengalami apa yang namanya stres dan depresi.

4. Meningkatkan Kemungkinan Terkena Penyakit Berat

Seperti yang dikatakan sebelumnya, ketika begadang, daya tahan tubuh kamu akan sangat menurun. Nah, pada kondisi ini, kamu akan sangat rentan terkena penyakit. Tidak hanya penyakit ringan saja, tetapi juga penyakit berat!

Ada banyak sekali penyakit berat yang dapat disebabkan oleh begadang, mulai dari hipertensi, penyakit jantung, stroke, kanker, diabetes, kardiovaskuler, obesitas, dan masih banyak lainnya.

5. Merusak Hubungan Sosial

Orang yang kurang tidur akan memiliki pikiran yang kurang baik. Hal ini juga berpengaruh terhadap perasaan dan emosi kamu. Jika perasaan dan emosi kamu sedang tidak baik, kamu akan menunjukkan perilaku negatif ketika berhubungan dengan seseorang. Hal ini bisa berakibat buruk terhadap hubungan sosial kamu dengan orang-orang yang kamu kenal.(*)

 

Source: Ilmupedia


Eksplorasi konten lain dari Journalarta

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Related Posts