NewsTechno

Berikut Cara Mengamankan Akun Sosmed Kamu Biar Ngak Kena Hack

Kalau Tidak Diamankan, Hacker Dengan Mudah Mengambil Data Dari Sosial Mediamu

 

Journalarta.com – Sosial media sudah menjadi hal penting di zaman sekarang ini. Setiap orang bahkan mempunyai akun sosial media lebih dari satu.

Pertanyaanya, kamu punya berapa akun sosial media? Kamu harus hati-hati, karena ada banyak juga kejahatan yang bisa dilakukan dari sosial media, misalnya hacker.

Kalau akun sosial media kamu tidak diamankan dengan baik, bisa saja hacker dengan mudah mengambil data dari sosial mediamu. Untuk itu kita perlu berhati-hati.

Berikut cara mengamankan sosial media dari hacker. Mari di simak…

1. Buat Password yang Rumit

Password itu penting saat kamu membuat akun sosial media. Biasanya banyak orang suka lupa dengan password yang sudah digunakan, untuk itu mereka malah membuat password yang mudah dihafal. Jadi lebih baik kamu buat password yang cukup rumit dengan kombinasi huruf dan angka. Tapi, tetap buat yang mudah diingat kamu ya.

2. Hindari Menyimpan Data Akun di Browser

Kalau kamu sedang login sosial media di web, biasanya suka ada peringatan untuk menyimpan password agar saat buka web tidak perlu login lagi. Nah, walaupun itu memudahkan kita saat ingin mengakses sosial media, justru itu sangat rentan untuk diretas lho.

3. Pilih Aplikasi atau Website yang Aman

Banyaknya aplikasi dan website harus kita cermati agar tidak salah saat login sosial media. Setiap aplikasi atau website memang mempunyai kekuatan pengaman masing-masing. Jadi jangan deh asal login karena bisa saja aplikasi tersebut sudah ada pencuri data di aplikasi tersebut.

4. Pakai Fitur Verifikasi Dua Langkah

Supaya akun sosial media kamu lebih aman, coba gunakan fitur satu ini. Setiap kamu ingin login fitur ini akan melakukan verifikasi ke akunmu yang lain. Akun kamu akan lebih aman karena biasanya verifikasi akan memberikan kode melalui sms ke nomor handphone kamu.

5. Log out Akun dari Perangkat Lain

Kalau kamu suka menggunakan perangkat lain saat mengakses akun sosial media, hal terpenting ialah kamu harus selalu log out setelah selesai memakainya. Pastikan juga kalau kamu sudah benar keluar dari perangkat tersebut. Apalagi kalau kamu memakai perangkat yang sering juga digunakan orang lain.(red)

 

Source: Ilmupedia


Eksplorasi konten lain dari Journalarta

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Related Posts