OPINI

Peran Wartawan Sebagai Salah Satu Pilar Demokrasi

Pangkalpinang, Journalarta.com – Sebagai salah satu pilar demokrasi, pers memiliki peran strategis dalam menyuarakan aspirasi dengan tetap berpegang teguh pada ketentuan regulasi yang ada. Produk karya jurnalistik yang dihasilkan harus akurat, berimbang dan independen.

Akurasi jurnalistik semakin diperlukan di tengah merebaknya berita hoax. Pers harus berada di garda terdepan untuk mempersatukan dan memajukan bangsa. Salah satu tanggung jawab pers adalah ikut menangkal berita hoax dan memberikan pendidikan kepada masyarakat.

Justru dengan berpegang teguh pada kaedah peraturan dan nilai-nilai etika jurnalistik menjadi kekuatan utama dalam mempertahankan eksistensinya di tengah penetrasi media sosial yang sangat massif. Oleh karenanya, kebebasan pers harus dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab sesuai amanat Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers.

Pers tidak hanya bertanggung jawab melaksanakan undang-undang tapi juga harus memiliki tanggung jawab sosial terhadap persoalan bangsa. Kebebasan pers sebagaimana tertuang dalam UU No.40/1999 merupakan buah reformasi demi menegakkan nilai-nilai demokrasi yang dikangkangi oleh rezim orde baru saat itu.

Kebebasan pers yang bertanggung jawab sebagai buah reformasi ini adalah antitesa dari otoritarianisme orde baru yang mengekang kebebasan pers. Maka kebebasan pers ini perlu dirawat dan dilaksanakan secara bertanggung jawab agar kebebasan yang diamanatkan konstitusi memiliki dampak positif bagi pendidikan demokrasi yang sehat dan bermanfaat bagi kemajuan bangsa.

Di moment Hari Pers Nasional Tahun 2022 yang jatuh pada hari ini, saya berharap peran pers dapat lebih memberi manfaat bagi pembangunan nasional maupun daerah. Untuk mewujudkan itu semua diperlukan dukungan dari seluruh stakeholder sehingga pers sebagai salah satu pilar demokrasi tetap memiliki peran strategis dalam pembangunan serta mewujudkan demokrasi yang sehat sesuai dengan nilai-nilai luhur yang bersandar pada kepribadian bangsa.

 

Oleh : Armansyah, SS, SH ( Lawyer )


Eksplorasi konten lain dari Journalarta

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Related Posts