DaerahNews

KSP Balo’ta Buka Pelatihan Penanaman Vanili Bagi Anggotanya

KSP Balo’ta membuka pelatihan penanaman vanili bagi anggota KSP balo’ta.

 

Sulawesi Selatan, Journalarta.com -Pelatihan budidaya tanaman vanili untuk petani anggota KSP Balo’ta yang bekerja sama dengan PPDB-UMKM dalam mengembangkan kemajuan pencaharian anggota balo’ta. Pantan, di aula hotel pantan, Tana Toraja, Kamis (09/06/2022).

Pelatihan penanaman vanili tersebut yang di buka langsung oleh bupati tana toraja ,Theofilus Allorerung yang di saksikan oleh ketua balo’ta dan direktur LPDB-UMKM Supomo beserta staf balo’ta, resmi di selenggarakan.

KSP Balo’ Toraja merupakan mitra LPDB-KUMKM di Sulawesi Selatan sejak dari 2010 sampai sekarang. Koperasi yang berdiri tahun 1941 ini telah memiliki 1 (satu) kantor pusat, serta 50 kantor cabang. Selama 12 tahun bermitra, LPDB-KUMKM telah menyalurkan pinjaman dana bergulir kepada KSP Balo’ Toraja dengan total sebesar Rp201 miliar.

Dalam sambutan bupati tana toraja Theofilus Allorerung “Dengan adanya pengembangan budidaya vanili untuk anggota KSP Balo’ta akan mendorong pendapatan untuk masyarakat teruntuk anggota ksp balo’ta yang akan di bawahkan oleh pemateri dari Persatuan Petani Vanili Seluruh Bali, Program Rikolto Indonesia (NGO dari Belgia), dan juga International Trader Advisor-MEOD PTE LTD dalam pelatihan pembudidayaan vanili”.

Kegiatan tersebut pelatihan ikut terlibat yaitu pemda provinsi Sulawesi selatan, pemda Kambupaten tana toraja dan diskominfo tana toraja serta pengurus Program Rikolto Indonesia (NGO dari Belgia), dan juga International Trader Advisor-MEOD PTE LTD.

“Dalam pelatihan ini kiranya anggota ksp balo’ta agar dapat melakukan dengan serius meski dalam membudidayakan vanili tidak semudah kita harapkan ,tapi dengan adanya pelatihan ini dapat di pahami,melestarikannya dan dapat maju di erah jualan melalui sektor perdagangan pemerintah dan ksp balo’ta, ” Tutup Theopilus.(Red.*)


Eksplorasi konten lain dari Journalarta

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Related Posts