DaerahNews

Polres Bangka Tanam 1200 Bibit Pohon Dilahan Eks Tambang Ilegal HL Pantai Bedukang

Penanaman Pohon Di Lahan Eks Tambang Timah Ilegal Tersebut Seluas 5 Hektar

 

Bangka, Journalarta.com – Kepolisian Resort Bangka beserta Forkopimda Bangka melaksanakan kegiatan gerakan penanaman pohon dalam rangka rehabilitasi lahan bekas tambang timah tahap II yang bertempat di lahan eks tambang timah Jalan Pantai Bedukang Desa Deniang Kec. Riau Silip, Kab. Bangka, prov. Bangka Belitung.

Dalam kegiatan tersebut, Polres Bangka melakukan penanaman pohon dengan jumlah total 1.200 bibit dengan jenis Jambu Mete 1000 batang dan Pinang 200 batang serta dengan luas lahan 5 hektar.

Kegiatan tersebut dilaksanakan serentak seluruh jajaran Polres Bangka Belitung melalui virtual, Jum’at (24/6/22).

Pada kesempatan tersebut, Kapolda Kep. Babel Irjen Pol Yan Sultra menyampaikan bahwa kegiatan hari ini bukan hanya sekedar memperingati hari bhayangkara ke 76, namun merupakan kegiatan lanjutan penanaman pohon di lahan eks tambang tahap I yang sebelumnya telah dilaksanakan serta akan menjadi agenda kegiatan yang akan terus dilaksanakan kedepannya.

Irjen Pol Yan Sultra menuturkan aktifitas penambangan sebenarnya bukanlah merupakan kegiatan yang dapat merusak lingkungan apabila kegiatan penambangan dapat dilaksanakan dengan baik dan benar ( Good Maining Practice ) sebagaimana mestinya.

” Kegiatan reboisasi yang kita laksanakan ini merupakan langkah untuk mencegah terjadinya erosi tanah, melestarikan kesuburan tanah yang bisa dijadikan sebagai lahan pertanian, menjaga struktur tanah agar tidak rusak, mengurangi efek dari pencemaran udara dan global warming,” tuturnya.

“Agar para forkopimda di masing-masing wilayah mendorong kegiatan penanaman pohon di wilayahnya masing-masing guna pemerataan kegiatan penghijauan di seluruh wilayah Provinsi Kep. Babel”, tambah Kapolda.

Kapolda juga menegaskan untuk pemegang IUP berkewajiban melaksanakan kegiatan reboisasi/penghijauan, sedangkan untuk lokasi eks tambang di luar IUP perlu menjadi perhatian kita semua.

” Kegiatan reboisasi ini jangan hanya menjadi ajang simbolis saja namun harus berkelanjutan dan di awasi perkembangan bibit yang telah ditanama sehingga kegiatan yang telah dilaksanakan tidak sia – sia”, tegasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Bupati Bangka Syahbudin, S. IP, M. Tr. IP, Kapolres Bangka AKBP Indra Kurniawan, S.H, S.I.K, M.Si, Ketua Pengadilan Negeri Sungailiat Zulkifli, S.H, M.H, Pabung Kodim 0413 Bangka Letkol Bontor Karo – Karo, GM PT. Timah Ahmad Sahyadi, Dankipan 141/AYJP Sungailiat Kapten Inf. Danu Winargo, Kasi Peralatan logistik BPBD Provinsi Kep. Babel Odi Ramadhan, Kabag Ops Polres Bangka AKP Capt. Yordansyah, S. S.T, Pel. M. Mar, Kasat Reskrim Polres Bangka AKP Rene Zakharia, P, S.I.K, Kasat Intelkam Polres Bangka Iptu Dicky Lesmana, S.E, Kasat Pol Air Polres Bangka Iptu Supanto, Danki Kompi Brimob Sungailiat Ipda Triyono, S.H, Para Perwira Polres Bangka, Camat Riau Silip Firmansyah, Kades Deniang Yuliarno dan Bhayangkari Polres Bangka serta 40 orang tamu undangan.(Red)

 

Sumber : Humas Polres Bangka


Eksplorasi konten lain dari Journalarta

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Related Posts