News

Aksi Pembakaran Al-Quran, DPR Akan Layangkan Protes kepada Parlemen Swedia

Jakarta, Journalarta.com – Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI, Fadli Zon mengungkapkan bahwa DPR RI akan melayangkan Nota Protes kepada Parlemen Swedia atas aksi pembakaran Al-Quran di depan Masjid Sodermalm di Stockholm dan bertepatan pada Hari Raya Idul Adha, Rabu (28/6/2023) yang lalu.

Bahkan Kepolisian Swedia dilaporkan memberikan izin bagi para demonstran untuk melakukan aksi tidak bermoral ini.

Fadli Zon berharap Parlemen dan Pemerintah Swedia dapat menindak aksi ini sebagai pelanggaran terhadap kebebasan masyarakat dalam berkeyakinan dan sebagai bentuk penyebaran kebencian dan kampanye hitam terhadap Islam dan masyarakat Muslim.

“Aksi yang dilakukan oleh sekelompok masyarakat Swedia ini mencerminkan Islamophobia yang berpotensi merusak hubungan baik antar bangsa dan negara,” ujarnya dalam keterangan pers di Jakarta, Selasa (4/7/2023).

Fadli Zon mengecam keras dan mengutuk aksi pembakaran Kitab Suci Umat Islam ini. Sebelumnya, ia juga telah mengeluarkan pernyataan yang mengecam aksi politisi Swedia yang juga melakukan aksi pembakaran Kitab Suci Al-Quran oleh politisi sayap kanan Swedia, Rasmus Paludan, pada awal 2023 lalu.

Politisi Fraksi Partai Gerindra ini berkomitmen pada nilai-nilai kebebasan dalam beragama dan saling menghormati antar keyakinan yang berbeda-beda, namun demokrasi yang mengatasnamakan kebebasan berekspresi seharusnya tidak disalahgunakan untuk menyebarkan kebencian dan perpecahan.

Ia juga menyerukan agar seluruh parlemen dunia untuk terus memperjuangkan kerukunan antar umat beragama dan memerangi islamofobia dan segala bentuk kebencian terhadap agama, etnis atau ras apapun.(*)


Eksplorasi konten lain dari Journalarta

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Related Posts