News

Pendapatan Negara Tumbuh Positif 5,4%, Realisasi PNBP Capai Rp302,1 Triliun

Jakarta, Journalarta.com – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) membeberkan Pendapatan negara masih tumbuh positif 5,4% sehingga realisasi mencapai Rp1.409,7 triliun atau 57% dari target Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

”Penerimaan Perpajakan mencapai Rp1.105,6 triliun atau 54,7% dari target APBN atau tumbuh 5,4% yoy terutama ditopang PPh Badan sebesar 26,2% yoy dan PPN Dalam Negeri sebesar 23,5% yoy,” sebut OJK dalam siaran persnya pada Selasa (1/8/2023).

Menurut OJK, Secara sektoral, kinerja penerimaan perpajakan didukung oleh sektor industri pengolahan, perdagangan, pertambangan, jasa keuangan, dan transportasi-pergudangan.

Hal ini terutama dipengaruhi oleh penguatan pemulihan aktivitas ekonomi serta dampak positif dari reformasi perpajakan di tengah moderasi harga komoditas.

Sementara itu, OJK juga mengungkapkan, Realisasi Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) mencapai Rp302,1 triliun atau 68,5% dari target, tumbuh 5,5% yoy.

Menurut OJK, Kinerja tersebut dipengaruhi antara lain oleh PNBP SDA nonmigas yang tumbuh 94,7% yoy di tengah harga komoditas yang termoderasi dan PNBP Kekayaan Negara yang Dipisahkan (KND) yang tumbuh 19,4% yoy.

Pertumbuhan PNBP SDA dipengaruhi oleh tarif iuran produksi/royalti, sedangkan pertumbuhan PNBP KND terutama dikontribusikan oleh setoran dividen Badan Usaha Milik Negara (BUMN) khususnya dari sektor perbankan.(*)


Eksplorasi konten lain dari Journalarta

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Related Posts