News

Kementerian Kominfo Miliki Pagu Anggaran Rp14,84 Triliun untuk 2024

Jakarta, Journalarta.com – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) miliki alokasi anggaran tahun 2024 sebesar Rp14,84 Triliun.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi mengatakan dengan alokasi anggaran itu, Kementerian Kominfo mendukung tiga prioritas pembangunan nasional.

Dalam Rapat Kerja (Raker) Komisi I DPR RI mengenai Rencana Kerja Anggaran Kementerian Kominfo di Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta Pusat pada Senin (4/9/2023), Budi Arie menjelaskan, dari tujuh Prioritas Nasional (PN) yang termuat dalam RPJMN Tahun 2020 – 2024, Kementerian Kominfo turut berperan dalam pembangunan yang termuat dalam PN ke-3 meningkatkan sumber daya manusia (SDM) berkualitas dan daya saing.

Menkominfo
Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi saat rapat kerja bersama Komisi I DPR RI di Jakarta, Senin (4/9/2023).

”PN ke-5 memperkuat infrastruktur untuk mendukung pembangunan ekonomi dan pelayanan dasar, serta PN ke-7 memperkuat stabilitas polhukam dan transformasi pelayanan publik,” jelas Budi Arie dikutip dalam keterangan resminya, Senin (4/9/23).

Dalam raker tersebut, Budi Arie memaparkan realisasi tahun 2023 serta Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) dan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Kementerian Kominfo Tahun Anggaran 2024.

Ia menuturkan, sejalan dengan tema RKP tahun anggaran 2024 yakni Mempercepat Transformasi Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan, Kementerian Kominfo mengambil peran dalam empat arah kebijakan RKP Tahun 2024.

“Dari delapan arah kebijakan, Kementerian Kominfo mendukung empat arah kebijakan yaitu penguatan daya saing, percepatan pembangunan infrastuktur dasar dan konektivitas, percepatan pembangunan Ibukota Nusantara, dan pelaksanaan Pemilu 2024,” tuturnya.

Budi Arie juga menyampaikan program kerja Kementerian Kominfo antara lain, Program Penyediaan Infrastruktur Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), Program Pengelolaan Spektrum Frekuensi, Standar Perangkat, dan Layanan Publik, Kemudian Program Pemanfaatan TIK, Program Komunikasi Publik dan Program Dukungan Manajemen.

Ia juga memohon dukungan Komisi I DPR RI agar perencanaan dan pembiayaan yang dilakukan dapat berjalan dengan baik.

“Sehingga agenda percepatan transformasi digital nasional dan pelaksanaan Pemilu Damai 2024 dapat terlaksana dengan baik dan dapat betul-betul bermanfaat bagi masyarakat Indonesia,” ungkapnya.

Dalam raker itu, Menkominfo Budi Arie Setiadi didampingi Wamenkominfo Nezar Patria, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Mira Tayyiba, Direktur Jenderal (Dirjen) Aplikasi Informatika Semuel Abrijani Pangerapan, Direktur Jenderal (Dirjen) Penyelenggaraan Pos dan Informatika Wayan Toni Supriyanto, Direktur Jenderal (Dirjen) Sumber Daya Perangkat Pos dan Informatika Ismail.

Kemudian, Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (Dirjen IKP) Usman Kansong, Inspektur Jenderal (Irjen) Arief Tri Hardiyanto, dan Direktur Utama (Dirut) Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi Fadhilah Mathar.

Hadir juga Ketua Komisi Informasi Pusat (KIP) Donny Yoesgiantoro, Ketua Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Ubaidillah, dan Ketua Dewan Pers (DP) Ninik Rahayu.(*)


Eksplorasi konten lain dari Journalarta

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Related Posts