NewsSport

Tim Sepakbola SWN U-17 Belinyu Berjuang di Piala Soeratin Tanpa Support Pj Gubernur Babel

Perjuangan Tim Sepakbola SWN U-17 Bangka di Piala Soeratin, Semangat Tanpa Batas tanpa Support Bank Sumsel Babel

 

SURABAYA, JOURNALARTA.COM – Tim sepakbola Sontara Wangka Nusantara (SWN) U-17 asal Belinyu Bangka mewakili Provinsi Bangka Belitung tampil mengesankan pada putaran nasional Piala Soeratin di Surabaya, mulai tanggal 20 Januari hingga 2 Februari 2024.

Meskipun mengalami kekalahan pada pertandingan perdana melawan DKI Jakarta, semangat tinggi anak-anak pemain SWN Belinyu tetap membara, memupuk harapan untuk pertandingan mendatang.

Prestasi mengesankan tim ini bermula dari kemenangan dalam kompetisi Soeratin U-17 tingkat Regional yang diselenggarakan oleh ASPROV PSSI Babel pada pertengahan Desember 2023.

Kompetisi regional melibatkan tujuh tim berkualitas, seperti Ps. Beltim (Belitung Timur), Persibel (Belitung), Belitong FC (Belitung), Persipas (Pangkal Pinang), Babel Jaya (Pangkal Pinang), Ps. Bangka Setara (Bangka Induk), dan tentu saja, SWN Belinyu.

Piala Soeratin sendiri merupakan agenda tahunan PSSI Pusat yang bertujuan untuk membina bakat sepakbola usia muda. Kompetisi ini terdiri dari tiga kategori, yaitu Soeratin U-13, U-15, dan U-17, memberikan peluang bagi pemain muda untuk berkembang dan menunjukkan bakat terbaik mereka.

SWN Babel, yang tergabung dalam grup G bersama DKI Jakarta, Riau, dan Banten, menghadapi pertandingan pertama pada Sabtu, 20 Januari 2024.

Meskipun mengalami kekalahan 1-3 dari DKI Jakarta, tim SWN Babel berhasil unggul lebih dulu pada menit ke-24 melalui tendangan Adil Hikmatiar.

Durfa dari DKI menyamakan kedudukan pada menit ke-36, dan Doni mencetak gol kedua untuk DKI pada menit ke-41 sebelum turun minum. Babak kedua menjadi seru dengan jual beli serangan, namun DKI Jakarta berhasil memperbesar keunggulan pada menit ke-76.

Merasa perlu mengejar ketinggalan, pelatih Rio Febriyanto, SE melakukan perubahan strategi dengan memasukkan pemain-pemain berpotensi menyerang seperti Caesar Abel, Zaki Saputra, Agung Pratama, dan Arkan Julianda pada menit-menit krusial.

Meskipun usaha keras untuk membalikkan keadaan, SWN Babel harus menerima kekalahan pada laga perdana.

Partai berikutnya akan melibatkan SWN Babel dalam pertandingan melawan Riau pada Senin, 22 Januari 2024, pukul 10.00 WIB.

Dalam keterbatasan biaya, anak-anak dan pemain tim SWN Belinyu tetap semangat membela nama baik tanah kelahirannya Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Meskipun persiapan keberangkatan tim sempat menghadapi hambatan dalam pertemuan dengan PJ Gubernur yang tidak terealisasi, manajemen tim bersyukur kepada pihak-pihak yang telah memberikan dukungan, termasuk Mantan Bupati Bangka Mulkan, PT. Timah, Bank BRI Cabang Sungailiat, KONI Kabupaten Bangka, PEMDA Kab. Bangka, dan stakeholder lainnya.

Namun, terdapat catatan sedih mengenai ketidakmampuan Bank Sumsel Babel untuk mendukung Tim SWN Belinyu Babel dalam perjuangannya di tingkat nasional, yang diungkapkan dengan rasa kecewa oleh ofisial tim, Slamet.

Terlebih juga PJ Gubernur Kepulauan Bangka Belitung meskipun sudah dikonfirmasi untuk meminta doa restu, sepertinya Dr Safrizal ZA tidak mempunyai banyak waktu untuk tim SWN Belinyu yang berangkat bertanding di Surabaya, padahal hanya sekedar untuk memberikan motivasi kepada pemain SWN Belinyu Babel yang berlagak di kancah nasional.

Kendati demikian, salah satu offisial Tim SWN Belinyu, Slamet menyampaikan rasa terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu, sambil menyayangkan ketiadaan dukungan dari Bank Sumsel Babel.

Ia juga mengungkapkan harapannya agar masyarakat Bangka Belitung memberikan doa dan dukungan agar Tim SWN Babel dapat meraih hasil maksimal.

Slamet juga mengingatkan prestasi gemilang Persipas Pangkalpinang pada tahun 1987, dan berharap agar SWN Babel dapat mengikuti jejak para seniornya.

Dengan semangat dan tekad yang tinggi, Tim SWN Belinyu Bangka melangkah ke depan dengan harapan besar untuk meraih prestasi gemilang di Piala Soeratin U-17 tahun ini. Aamiin. (Red/KBO Babel)


Eksplorasi konten lain dari Journalarta

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Related Posts