ADVETORIALNews

Komitmen Implementasikan ESG, PT Timah Tbk Raih Katadata ESG Index Award 2024

JAKARTA, JOURNALARTA.Com – PT Timah Tbk meraih penghargaan Katadata ESG Index Award 2024 Mining Category yang diberikan oleh Katadata dalam kegiatan yang bertajuk Sustainability Action for The Future Economy (SAFE) 2024.

Penghargaan ini merupakan pengakuan atas komitmen PT Timah dalam menerapkan praktik bisnis yang berkelanjutan dan bertanggung jawab di bidang lingkungan, sosial, dan tata kelola perusahaan.

Anugerah ini diterima oleh Kepala Bidang Goverment Relation PT Timah Tbk, I Putu Asre Ardhana di Grand Ballroom Kempinski, Jakarta, Rabu (7/8/2024) malam.

CEO Katadata, Metta Dharmasaputra mengatakan penghargaan ini merupakan apresiasi Katadata Insights Center, salah satu lembaga riset di Katadata Group, kepada delapan sektor perusahaan.

Delapan sektor yang menerima penghargaan ini diantaranya keuangan, perkebunan, energi, pertambangan, transportasi dan logistik, industri kimia, industri makanan dan minuman, serta industri hospitality.

“Penghargaan-penghargaan ini merupakan bentuk komitmen Katadata dalam mendukung implementasi prinsip-prinsip keberlanjutan di Indonesia,” kata Metta dikutip dari katadata.com.

Penghargaan ini juga merupakan bentuk apresiasi terhadap apa yang telah dilakukan oleh perusahaan-perusahaan dan individu di bidang lingkungan, sosial, dan tata kelola.

Sementara itu, Direktur Katadata Insight Center, Adek Media Roza mengatakan, Katadata menilai aspek ESG (Environmental, Social, dan Governance), yang meliputi sub-aspek pelaporan biaya lingkungan hidup, material ramah lingkungan, energi, keanekaragaman hayati, emisi, limbah dan efluen.

Selanjutnya aspek lain yang dinilai yaitu pengaduan lingkungan, air, pembiayaan (khusus sektor finance), ketenagakerjaan dan masyarakat, tata kelola berupa sertifikasi dan keberagaman dewan direksi.

Kepala Bidang Komunikasi Perusahaan PT Timah, Anggi Siahaan mengatakan, Penghargaan ini tidak hanya pencapaian bagi PT Timah, tetapi juga menjadi motivasi bagi kami untuk terus meningkatkan standar keberlanjutan dan tanggung jawab sosial.

“Terima kasih atas penghargaan yang diberikan kepada PT Timah, kami berkomitmen untuk melanjutkan upaya kami dalam menciptakan dampak positif bagi lingkungan, masyarakat, dan tata kelola perusahaan yang baik,” ujar Anggi.

Penghargaan ini juga memacu PT Timah Tbk untuk terus berinovasi dan bekerja sama dengan berbagai pihak untuk mencapai tujuan keberlanjutan jangka panjang.

“Sebagai perusahaan yang tumbuh dan berkembang bersama masyarakat, percaya bahwa dengan komitmen yang kuat dan tindakan nyata, kami dapat berkontribusi pada masa depan yang lebih baik untuk Bangsa Indonesia,” tutupnya.

Penghargaan ini diberikan 33 perusahaan publik dan BUMN yang dinilai menerapkan berbagai inisiatif untuk meningkatkan dampak positif bagi lingkungan dan menciptakan sistem yang berkelanjutan. (*)


Eksplorasi konten lain dari Journalarta

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Related Posts