FeaturedNewsUncategorized

Soal Gempa Megathrust, DPR : BMKG Harus Persiapkan Data Akurat

JAKARTA, JOURNALARTA.Com – Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI melalui Komisi V mendorong Badan Meteorologi, Krimatologi dan Geofisika (BMKG) mempersiapkan data yang akurat terkait gempa Megathrust akibat pertemuan lempeng tektonik serta berkoordinasi dalam menyiapkan mitigasi bencana.

Anggota Komisi V DPR RI, Syahrul Aidi Maazat meminta BMKG lebih berhati-hati dalam menyampaikan prediksi kebencanaan.

“Akan menimbulkan kepanikan masyarakat jika informasi bencana tidak disertai data yang akurat. Libatkan seluruh komponen pemerintahan yang ada untuk mitigasi dan persiapan kita dalam segala hal tentunya,” ujar Syahrul dikutip Journalarta.com dari Instagram @dpr_ri, Minggu (25/8/2024).

Syahrul meminta BMKG berkoordinasi dengan pihak terkait untuk mempersiapkan mitigasi terhadap potensi megathrust yang menghantui Sumatera dan Jawa tersebut.

“Kita berharap pemerintah harus bijak dalam memberikan informasi dan kita masyarakat juga harus bijak dalam menerima informasi ini. Semua ini tentu, karena informasi ini berdasarkan data-data yang dimiliki oleh BMKG, secara kesiapan usaha manusiawi perlu kita lakukan” tambahnya.(*)


Eksplorasi konten lain dari Journalarta

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Related Posts