BerandaSportPj Gubernur Suganda Ingin E-Sport Babel Mendunia

Pj Gubernur Suganda Ingin E-Sport Babel Mendunia

PANGKALPINANG, Journalarta.com – Raihan prestasi Timnas E-Sport Indonesia sebagai juara umum di ajang Southeast Asian (SEA) Games Kambodja 2023, sukses memotivasi para atlet E-Sport Bangka Belitung (Babel) untuk berprestasi di level tertinggi, bukan hanya level nasional tapi juga internasional.

Hal ini pun sejalan dengan keinginan Penjabat (Pj) Gubernur Kep. Babel, Suganda Pandapotan Pasaribu kepada para atlet E-Sport Babel yang akan bertanding dalam Kejuaraan Daerah (Kejurda) tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, yang diselenggarakan di Aula Kantor PLN UP 3 Bangka, Jumat (16/06/2023).

Dalam sambutannya, Pj Gubernur menyampaikan bahwa, kemahiran untuk memainkan permainan gawai membutuhkan intelegensi yang tinggi, pemahaman terhadap strategi serta keterampilan, yang mana menurutnya anak-anak di kepulauan memiliki kelebihan itu, modal yang baik itu dirasa Pj Gubernur Suganda harus dimanfaatkan untuk dapat mengantarkan E-Sport Babel berprestasi bukan hanya di level nasional tapi juga Internasional.

“E-Sport ini olahraga yang membutuhkan Intelegensi yang tinggi, artinya para atlet yang bertanding ini merupakan atlet yang memiliki keterampilan itu, terlebih kita di kepulauan, menurut riset dunia, kita di kepulauan punya modal Intelegensi dan kecerdasan diatas rata-rata, dengan kemampuan ini tentu harus dimanfaatkan untuk dapat terus maju berprestasi bukan hanya di level nasional tapi juga internasional,” ucapnya.

Kejurda yang dilaksanakan 16-18 Juni 2023 ini mempertemukan atlet E-Sport dari 7 kabupaten/kota di Babel, dengan 4 cabang permainan yang dipertandingkan, yakni PUBG Mobile, Mobile Legends, Free Fire, dan E-Football, yang mana pemenang dari Kejurda ini akan mewakili Babel di ajang Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Riau Oktober 2023 mendatang, serta dipersiapkan untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) Sumatera Utara 2024 mendatang.

Imam Santoso selalu Ketua Pengurus Provinsi (Pengprov) E-Sport Indonesia (ESI) Babel menyampaikan, Babel menargetkan 4 emas di ajang Porwil Pekanbaru yang akan dilaksanakan Oktober 2023 mendatang, ia juga berharap Kejurda ini mampu menjadi ajang seleksi atlet E-Sport nasional.

“Tadi kita sudah berbincang dengan KONI, mengenai target Porwil, karena kita hanya turun di 4 game, kalau bisa kita sikat habis, kita targetkan 4 emas,” tegasnya.

Menanggapi optimisme Ketua Pengprov ESI Babel, Pj Gubernur Suganda menyampaikan siap mendukung apapun yang menjadi kebutuhan para atlet E-Sport, melalui KONI (Komite Olahraga Nasional Indonesia) dan Disparbudkepora (Dinas Pariwisata Kebudayaan dan Kepemudaan Olahraga) Provinsi Babel, dengan harapan dukungan itu mampu memicu semangat para atlet dalam meraih prestasi.

“Kita mendukung, nanti apapun yang menjadi kebutuhan para atlet bisa difasilitasi melalui KONI dan Disparbudkepora, supaya para atlet semangat, kita tunjukan anak kepulauan anak yang cerdas dan pandai, tidak hanya berprestasi di level nasional tapi internasional,” ucap Pj Gubernur.

Kejurda E-Sport Babel diselenggarakan oleh Pengprov ESI Babel, atas dukungan PLN Bangka, pembukaan kegiatan juga turut dihadiri Komandan Korem 045/Garuda Jaya, Kapolda Babel, serta unsur Forkopimda Provinsi Babel lainnya, menunjukan E-Sport Babel sudah menjadi cabang olahraga yang mendapat perhatian dan dukungan khusus dari berbagai kalangan.(*)

 

==================================

 

Sumber : Diskominfo Babel

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img
spot_img
spot_img

Most Popular