NewsTechno

2 Proyek Strategis Nasional Migas Bakal Beroperasi Tahun Ini

“Dua PSN yang akan onstream (beroperasi) di akhir tahun 2021 adalah JTB gas dan proyek Tangguh 3 di Papua,”

Jakarta, Journalarta.com – Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) memproyeksikan dua proyek strategis nasional (PSN) di sektor hulu minyak dan gas bumi (migas) akan mulai beroperasi pada tahun ini.

Dua proyek tersebut adalah proyek gas Jambaran Tiung Biru (JTB) Blok Cepu, Jawa Timur, yang dikelola PT Pertamina EP Cepu dan Train 3 kilang LNG Tangguh di Teluk Bintuni, Papua Barat yang dioperasikan BP Berau Ltd.

“Dua PSN yang akan onstream (beroperasi) di akhir tahun 2021 adalah JTB gas dan proyek Tangguh 3 di Papua,” ungkap Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto dalam wawancara bersama CNBC Indonesia, Senin (11/01/2021).

Baca juga :Purchasing Managers Index (PMI) Manufaktur Indonesia Pada Desember 2020 Tercatat di Level 51,3

Lebih lanjut Dwi mengatakan untuk proyek JTB dan Train 3 kilang LNG Tangguh bakal menjadi penopang produksi gas pada tahun ini dan seterusnya.

“Kalau JTB dan Tangguh, ini PSN dengan size cukup besar. Ini akan jadi penopang 2021 dan tentunya 2022 dan seterusnya,” jelasnya.

Selain dua proyek PSN tersebut, Dwi menyebut ada 12 proyek hulu migas lainnya yang akan beroperasi pada tahun ini. Adapun total nilai investasi dari proyek tersebut mencapai sebesar US$ 1,6 miliar.

“Sedangkan dari proyek-proyek yang lain ada 12 proyek, tadi saya sampaikan investasi US$ 1,6 billion (miliar) dengan tambahan produksi 8.500 barel per hari (bph) minyak dan gas 484 juta standar kaki kubik per hari (MMSCFD),” tuturnya.(cnbc indonesia)

Baca juga :Pemerintah Bakal Memberikan Insentif Untuk Proyek Hilirisasi Batu Bara


Eksplorasi konten lain dari Journalarta

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Related Posts