NewsTechno

Kominfo Panggil Pengelola WhatsApp & Facebook Untuk Beri Penjelasan

Kominfo ingatkan masyarakat untuk bijak memilih dan menentukan media sosial mana yang bisa memberikan perlindungan data pribadi dan privasi

Jakarta, Journalarta.com – Heboh kebijakan privasi baru WhatsApp yang membagi data dengan Facebook membuat Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bertindak. Kemarin (11/1/2021) Kominfo memanggil kedua raksasa aplikasi ini membahas hal tersebut.

“Hari ini Kominfo memanggil pengelola WhatsApp & Facebook Asia Pacific Region untuk memberikan penjelasan lengkap. Setelah itu pemerintah akan menerapkan kebijakan lanjutan terkait itu,” ujar Menteri Kominfo, Johnny Plate kepada CNBC Indonesia, seperti dikutip Selasa (12/1/2021).

Dia juga mengingatkan pada masyarakat untuk bijak memilih dan menentukan media sosial mana yang bisa memberikan perlindungan data pribadi dan privasi. Sehingga mereka akan terhindar dari penyalahgunaan data tersebut.

Baca juga :Kominfo Dorong Perluasan Jaringan Internet, Guna Mengoptimalkan Ekonomi Maritim

Menurutnya sudah ada sejumlah aturan yang bisa jadi payung hukum untuk pengelolaan informasi, data dan transaksi elektronik. Dia menyebutkan adalah UU ITE, PP 71/2019, dan Permen Kominfo 5/2020. “Akan diperkuat secara lebih detail dalam RUU PDP,” kata dia.

Usai pertemuan tersebut, Kominfo pun mengeluarkan kebijakan. Salah satunya meminta WhatsApp menjelaskan aturan baru itu secara terperinci kepada masyarakat.

“Kementerian Kominfo menekankan agar WhatsApp serta pihak-pihak terkait melakukan hal-hal sebagai berikut: menjawab perhatian publik dengan memberikan penjelasan kepada masyarakat Indonesia yang disampaikan secara lengkap, transparan, jelas, mudah dipahami dan dapat diakses oleh publik terkait pembaruan kebijakan privasi WhatsApp,” ungkap Johnny Plate.(cnbc indonesia)

Baca juga :Aturan Privasi Baru WhatsApp, Netizen Ramai-Ramai Ajak Pindah ke Signal dan Telegram

 


Eksplorasi konten lain dari Journalarta

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Related Posts