News

Peringati Hari Dharma Samudera 2021 Danlanal Babel Tabur Bunga dan Anjangsana

“Laut Arafuru telah menjadi saksi bisu pengorbanan perjuangan para pahlawan laut Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan”

Pangkalpinang, Journalarta.com – Danlanal Babel Kolonel Laut (P) Dudik Kuswoyo.S.E.,M.Tr.Hanla melaksanakan upacara Tabur Bunga dalam rangka memperingati Hari Dharma Samudera tahun 2021 di geladak Kal Manau I.3-52. Tabur bunga dilaksanakan di perairan Pangkal Balam Kota Pangkalpinang, Jum’at (15/1/21).

Dalam sambutanya Danlanal Babel membacakan amanat Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E.,MM diantaranya Laut Arafuru telah menjadi saksi bisu pengorbanan perjuangan para pahlawan laut Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan, yang ditandai dengan seruan penuh semangat dan gagah berani oleh Komodor Yos Sudarso yaitu “Kobarkan semangat pertempuran!!!” yang mengiringi perlawanan RI Matjan Tutul menghadang armada belanda, Semangat bertempur dan pantang menyerah prajurit RI Matjan tutul tersebut seolah tak pudar di hati para prajurit laut.

Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E.,MM, mengungkapkan bahwa peringatan Hari Dharma Samudera kali ini sedianya akan dilaksanakan secara terpusat di kepulauan natuna , namun dengan adanya musibah jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ-182 di perairan kepulauan seribu maka pelaksanaan upacara secara sederhana di Dermaga Kolinlamil Jakarta

“Namun dengan adanya musibah jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ-182 di perairan kepulauan seribu, maka saya memutuskan untuk merubah pelaksanaan upacara secara sederhana di Dermaga Kolinlamil Jakarta,”ungkapnya.

KRI Manau

Perubahan tersebut merupakan wujud empati  bersama dalam rangka memfokuskan kekuatan alutsista dan personel TNI Angkatan Laut untuk mendukung operasi pencarian dan pengangkatan pesawat Sriwijaya Air SJ-182.

“Para prajurit Jalasena dimanapun kalian berada dan bertugas tanamkan dalam benak kalian saat negara memanggil, kekuatan Angkatan Laut harus selalu berada di garis depan saat negeri ini membutuhkan tak ada lagi jawaban lainnya, serahkan jiwa raga kalian.” Tegas Laksamana TNI Yudo Margono.

Usai melaksanakan tabur bunga Danlanal Babel bersama Ketua Jalasenastri Cabang 4 Korcab III DJA 1 melaksanakan anjangsana ke kediaman KLS Anumerta Sahabudin putera daerah Prov. Kep. Babel, salah satu ABK RI Matjan Tutul yang gugur bersama Komodore Yos Sudarso.

Hadir dalam kegiatan Danlanal Babel, Ketua Jalasenastri Cabang 4 Korcab III DJA 1 beserta pengurus, Palaksa, Perwira staf, Prajurit dan PNS Lanal Babel.


Eksplorasi konten lain dari Journalarta

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Related Posts