Daerah

20 Warga Hilang Akibat Tanah Longsor di Nganjuk

Tanah longsor terjadi disebabkan oleh hujan intensitas sedang hingga tinggi

Jawa Timur, Journalarta.com – Bencana Tanah longsor menimpa warga Desa Ngetos, Kecamatan Ngetos, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, pada Minggu (14/2/21) pukul 18.30 WIB. Akibat kejadian tersebut dikabarkan ada 20 warga yang hilang. Selain itu, 14 warga mengalami luka-luka dan delapan rumah rusak berat.

“Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Nganjuk melaporkan kejadian ini mengakibatkan 20 warga setempat hilang,” kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Raditya Jati, yang dilansir dari Merdeka.com, Senin (15/2/21).

Raditya menyebut, tanah longsor di Desa Ngetos disebabkan oleh hujan intensitas sedang hingga tinggi.

“BPBD dengan dukungan pihak terkait lainnya melakukan upaya penanganan darurat, seperti pencarian dan evakuasi korban hilang. Tim gabungan juga melakukan evakuasi warga terdampak di sekitar lokasi,” ujar dia.

Baca juga : Banjir Bandang Terjang Puncak Bogor, 474 Warga Berhasil Dievakuasi

Sementara itu, wilayah lain di Provinsi Jawa Timur juga mengalami banjir. BPBD Kabupaten Pasuruan melaporkan banjir terjadi di sejumlah desa pada 3 kecamatan.

Yaitu Desa Satak, Tambaka, Kalianyar, Kalirejo dan Masangan (Kecamatan Bangli), Desa Bandaran dan Prodo (Kecamatan Winongan) dan Desa Kebrukan (Kecamatan Grati).

“Banjir dipicu salah satunya hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi. Kondisi tersebut berdampak debit air Sungai Kedunglarangan di Kecamatan Bangli, Sungai Rejoso di Kecamatan Winongan dan Kecamatan Grati meluap,” jelasnya.

Banjir terjadi sejak Minggu (14/2/21), pukul 23.50 waktu setempat. Tercatat ada sekitae 294 KK terdampak dan sebanyak 357 jiwa mengungsi.

“Mereka yang mengungsi di Masjid Al-Islah sebanyak 116 jiwa dan 148 jiwa di TK Setia Budi. Sedangkan ratusan rumah warga terdampak dengan tinggi muka air banjir sekitar 70 cm,” pungkasnya. (Merdeka.com)

Baca juga : Kemendagri Salurkan Bantuan Untuk Korban Terdampak Banjir di Kalimantan Selatan


Eksplorasi konten lain dari Journalarta

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Related Posts