Daerah

Bima Diguncang Gempa Bumi Tektonik Magnitudo 4,9

                                         Gempa tidak berpotensi Tsunami

NTB, Journalarta.com – Gempa Bumi Tektonik mengguncang Bima provinsi Nusa Tenggara Barat, Minggu (21/2/2021) pukul 22.01.05 WITA. Dikutip dari laman resmi www.bmkg.go.id, Berdasarkan hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa Gempa Bumi ini memiliki parameter dengan magnitudo M=4,9.

Episenter terletak pada koordinat 8,86 LS dan 118,11 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 53 km Barat Daya Dompu, NTB pada kedalaman 107 km.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis menengah akibat adanya aktivitas subduksi lempeng Indo Australia yang menujam ke Lempeng Eurasia. Hasil mekanisme sumber menunjukan gempabumi ini mempunyai mekanisme sesar turun.

Baca juga: Gempa Bumi Bermagnitudo 4,1 Terjadi Dilautan Guncang Hingga Jayapura

Berdasarkan laporan masyarakat dampak gempa bumi berupa guncangan dirasakan di Dompu dan Bima. Getaran dirasakan nyata dalam rumah terasa seakan-akan nada truk berlalu.

Berdasarkan hasil monitoring BMKG hingga pukul 22:30 WITA, tidak menunjukkan aktivitas Gempa Bumi susulan. Gempa itupun tidak berpotensi Tsunami.

Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. (red/rls)

Baca juga: Gempa di Fukushima Jepang, Kemlu Pastikan Tidak Ada Korban WNI


Eksplorasi konten lain dari Journalarta

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Related Posts