News

Presiden Dorong Sektor Perdagangan Berkontribusi Besar Bagi Pemulihan Ekonomi

Rakernas Kemendag 2021, Presiden Fokus Terhadap Pemulihan Ekonomi.

Jakarta, Journalarta.com – Presiden Joko Widodo meminta agar kebijakan yang di ambil pada sektor perdagangan memberikan dampak signifikan terhadap pemulihan ekonomi nasional (PEN). Hal itu di sampaikan saat membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Kementerian Perdagangan (Kemendag) Tahun 2021, di Istana Negara, Jakarta, Kamis (04/03/2021) pagi.

Dalam Rakernas, Presiden Jokowi mengatakan pemerintah saat ini tengah bekerja keras untuk menangani dampak dari pandemi COVID-19 baik di sektor kesehatan maupun ekonomi.

“Saya minta agar kebijakan perdagangan memberikan kontribusi besar terhadap agenda strategis pemulihan perekonomian nasional kita. Kita semua harus bekerja keras untuk mempercepat pemulihan perekonomian nasional kita,” ujarnya.

Presiden juga meminta adanya kebijakan yang mampu mendorong agar sektor perekonomian yang sempat terganggu akibat krisis dapat hidup kembali.

“Kita harus bekerja lebih detail, sektor-sektor mana yang yang terganggu dan harus diapakan, apakah diberi insentif ataukah di beri stimulus,” ungkapnya.

Baca juga: Presiden Jokowi Tinjau Vaksinasi Massal di Pasar Tanah Abang

Presiden Jokowi menekankan agar kebijakan yang di ambil dapat memicu masuknya arus investasi, yang merupakan kunci dari pertumbuhan ekonomi.

“Serta menciptakan peluang kerja yang sebanyak-banyaknya. Ini yang di tunggu-tunggu masyarakat karena sudah ada sekarang ini hampir 10 juta pengangguran di negara kita, baik karena pandemi dan juga angkatan kerja baru,” ujarnya.

Presiden juga menegaskan bahwa kebijakan perdagangan harus menjamin ketersediaan kebutuhan pokok dengan harga yang terjangkau bagi masyarakat.

“Ini selalu saya ingatkan, dalam negeri ini harus betul-betul urusan stabilitas harga, ketersediaan pasokan harus betul-betul terjamin,” tegasnya.

Presiden yakin bahwa tahun 2021 adalah tahun pemulihan dan target pertumbuhan ekonomi sebesar 5 persen di tahun ini dapat tercapai.

Untuk itu, Presiden mengajak seluruh jajaran Kemendag untuk tetap optimis dan terus melakukan terobosan-terobosan dalam meningkatkan kinerja pada sektor perdagangan.

“Tahun 2021 adalah tahun pemulihan yang harus di landasi dengan semangat dan optimisme. Untuk itu secara khusus saya meminta kepada seluruh jajaran Kementerian Perdagangan untuk tidak hanya bekerja normatif, namun harus ada terobosan-terobosan kreatif dan inovatif,” pungkasnya.(Humas Setkab) 

Baca juga: Presiden Joko Widodo Resmikan Bendungan Tapin Kalimantan Selatan


Eksplorasi konten lain dari Journalarta

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Related Posts