News

Presiden: BPPT Harus Jadi Otak Pemulihan Ekonomi Secara Extraordinary

BPPT Bertanggung Jawab Menghasilkan Inovasi.

Jakarta, Journalarta.com – Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) merupakan lembaga yang melalui Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2019 tentang Sistem Nasional Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Sisnas Iptek) berfungsi untuk menumbuhkembangkan maupun pendayagunaan teknologi.

Selain itu BPPT juga bertanggung jawab menghasilkan inovasi. BPPT harus melakukan sejumlah hal penting agar menghasilkan kemajuan dan pemanfaatan teknologi tepat guna yang di butuhkan di masa mendatang.

Presiden Joko Widodo mengatakan ada hal penting yang harus di lakukan BPPT agar menjadi otak pemulihan ekonomi secara extraordinary.

“Ada beberapa hal penting yang harus di lakukan BPPT agar bisa menjadi otak pemulihan ekonomi secara extraordinary,” ungkapnya saat membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Penguatan Ekosistem Inovasi Teknologi BPPT Tahun 2021 di Istana Negara, Jakarta, Senin (8/3/2021).

Baca juga: Varian Baru Virus Korona B117, Presiden Himbau Masyarakat Tenang

Presiden Jokowi menekankan bahwa BPPT saat ini harus aktif berburu inovasi dan teknologi untuk di kembangkan dan diterapkan sebagai langkah pertama.

Presiden yakin bahwa ribuan peneliti baik di pemerintahan maupun swasta, serta para inovator lainnya di tengah masyarakat memiliki banyak temuan. Temuan tersebut apabila di kembangkan lebih lanjut akan dapat di terapkan bahkan memasuki tahap komersialisasi.

Kepala Negara melihat adanya akselerasi inovasi selama pandemi khususnya di bidang kesehatan seperti ventilator yang amat berguna dalam perawatan pasien Covid-19. GeNose juga merupakan alat uji penapisan tahap awal dari Covid-19 yang kini mulai di gunakan untuk lokasi-lokasi padat interaksi.

“Teknologi untuk penapisan penderita Covid seperti GeNose yang sangat murah, mudah, dan cepat. Ini sudah mulai di pasang di semua stasiun kita dan beberapa lokasi penting yang padat dan banyak interaksi,” pungkasnya.

Indonesia memiliki sumber daya alam melimpah yang dapat di manfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat. Namun hal itu tidak akan memiliki manfaat apapun tanpa penguasaan dan pemanfaatan teknologi secara bijak.

Kekayaan tersebut tidak akan memberikan manfaat maksimal bagi rakyat di masa revolusi industri keempat saat ini.(red)

Baca juga: Presiden Jokowi: Jangan Mereka Dapat Untung, Kita Hanya Menjadi Penonton

Sumber : BPMI Setpres


Eksplorasi konten lain dari Journalarta

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Related Posts