NewsSport

Joan Laporta Resmi Menjadi Presiden Baru Klub Barcelona

Joan Laporta menggantikan Josep Maria Bartomeu yang mengundurkan diri.

Journalarta.com – Joan Laporta resmi terpilih menjadi presiden baru Barcelona mengalahkan Victor Font dan Toni Freixa. Barcelona memilih Joan sebagai presiden klub pada Minggu, (7/3/2021) lantaran di yakinkan mampu memimpin mereka keluar dari krisis kelembagaan dan keuangan akibat pandemi Covid-19.

Di kutip dari The Guardian, Joan Laporta pernah menjadi presiden Barca antara 2003 dan 2010, memenangkan 57,6% suara dengan lebih dari 99% suara masuk. Sementara Victor Font berada di urutan kedua dengan 31,8% dan Toni Freixa di posisi ketiga dengan 9,1%.

Laporta menggantikan Josep Maria Bartomeu yang mengundurkan diri sebagai presiden pada Oktober lalu.

Pengunduran diri Bartomeu untuk menghindari mosi ketidakpercayaan dari anggota yang menolaknya setelah Lionel Messi mencoba meninggalkan klub pada Agustus lalu. Akibatnya, tim itu di kalahkan 8-2 oleh Bayern Munich di ajang Liga Champions.

Messi termasuk di antara beberapa pemain Barca yang memberikan suara dalam pemilihan sehari setelah menang 2-0 di Osasuna untuk menempati posisi kedua di La Liga.

Barca mengatakan 51.765 dari 109.531 anggota memenuhi syarat telah memberikan suara dalam pemilihan yang di tunda mulai januari karena pembatasan virus corona di Catalonia.

Baca juga: Dortmund Taklukan Schalke Dengan Skor 4-0

Joan Laporta terpilih pertama kali pada tahun 2003 dan memimpin periode emas dalam sejarah klub yang menampilkan empat gelar La Liga dan dua kemenangan Liga Champions. Dia memenangkan masa jabatan kedua tanpa lawan pada tahun 2006. Kemudian undang-undang klub mencegahnya untuk menduduki jabatan ketiga pada tahun 2010.

Dia mencalonkan diri dalam pemilihan 2015 tetapi di kalahkan oleh petahana Bartomeu. Kampanye Bartomeu di dorong oleh tim yang memenangkan treble sebulan sebelumnya.

Bartomeu di tangkap Senin lalu oleh polisi Catalan terkait tuduhan korupsi manajemen dan bisnis yang tidak tepat. Penangkapan tersebut menyebabkan kantor klub di Camp Nou di gerebek.

Bartomeu belum mengomentari penangkapannya dan menggunakan haknya untuk tidak memberikan pernyataan di pengadilan.

Laporta merayakan kemenangannya dengan menyanyikan lagu kebangsaan klub dengan tim kampanyenya dan menyeruput sampanye. Ia berani mengambil alih klub saat masalah keuangan sulit karena pandemi Covid-19. Bahkan hilangnya pendapatan tiket dan merchandising yang berdampak buruk pada keuangan tersebut.

Akun terakhir Barca menunjukkan utang kotor lebih dari € 1,4 miliar ($ 1,67 miliar) dengan utang bersih € 488 juta. Klub menyetujui pemotongan gaji pemain sementara tahun lalu sementara itu harus menunda pembayaran kepada pemain pada bulan Desember.

Namun banyak hal terlihat di lapangan dengan tim Ronald Koeman memenangkan 13 dari 16 pertandingan liga terakhir mereka dan mencapai final Copa del Rey.(red)

Baca juga: Liverpool Taklukkan Sheffield United Dengan Skor 0-2


Eksplorasi konten lain dari Journalarta

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Related Posts