Seleb

Young Lex Dituding Warganet Jiplak MV Lit Milik Lay Zhang

Penggemar Lay dari seluruh dunia meminta Young Lex untuk menghapus video.

Jaournalarta.com – Video musik ‘Raja Terakhir (The Last King) milik Young Lex tengah ramai di bicarakan warganet di Twitter. Pasalnya, Video yang di unggah Young Lex itu di tuduh menjiplak video musik bertajuk ‘Lit’ milik rapper asal Tiongkok, Zhang Yixing atau di kenal dengan Lay Zhang.

Penggemar Lay Zhang sangat marah setelah menemukan kesamaan yang signifikan antara video musik Lit Lay dan video musik terbaru oleh rapper Indonesia Young Lex.

Saking ramainya tudingan warganet terhadap Young Lex menjadikan keywords ‘Plagiat’ dan ‘Respect Zhang Yixing’ menjadi trending topic di twitter, Selasa (9/3/2021).

Young Lex adalah rapper berusia 28 tahun, penyanyi, aktor, dan selebriti internet dari Jakarta, Indonesia. Sejak memulai karirnya pada tahun 2011, rapper ini telah mengumpulkan 3,37 juta pelanggan YouTube dan total 552 juta penayangan. Video musik terbaru Young Lex, Raja Terakhir (The Last King) di rilis pada Maret 2021.

Namun beberapa jam setelah lagu tersebut di rilis, penggemar K-Pop melihat bahwa Raja Terakhir (The Last King) tampaknya menjiplak Lit. Ada kemiripan sebuah lagu dan video musik yang di rilis Lay pada Juni 2020. Menurut penggemar, unsur-unsur musiknya, visual, gaya, dan koreografi dalam video musik Young Lex semuanya sangat mirip dengan video musik Lay.

Salah satu kemiripan yang paling jelas antara kedua video musik tersebut adalah adegan di mana naga yang di hasilkan komputer muncul di belakang gedung.

Naga di dua video musik memiliki desain yang serupa dan keduanya menampilkan bulan besar di latar belakang serta penjaga yang memegang bendera di latar depan. Bahkan pembingkaian kedua bidikan tersebut hampir identik.

Baca juga: Di tuding Pelakor, Nissa Sabyan Di banjiri Hujatan Para Nitizen

Adegan break dance dari Lit ini juga tampaknya telah di salin dalam video musik Young Lex. Dari skema warna dan motif api hingga cara pergerakan kedua seniman, tidak mungkin mengabaikan kesamaan. Bahkan beberapa pakaian dalam video musik memiliki kemiripan satu sama lain.

Kedua pakaian dalam adegan ini memiliki trim perak yang sama termasuk penari latar semuanya berpakaian hitam. Selain itu, tarian di lakukan di depan tangga batu di kedua video tersebut.

Kemiripannya tidak berhenti di situ. Penggemar bermata elang telah melihat banyak contoh lain dari kemungkinan plagiarisme dalam Raja Terakhir (The Last King), termasuk pakaian yang terlihat pada pemain wanita. Kemudian adegan lain yang menampilkan seekor naga.

Sejak melihat klip tersebut sebagai plagiarisme, penggemar Lay dari seluruh dunia telah meminta Young Lex untuk menghapus video tersebut. Dan juga meminta maaf kepada Lay dan penggemarnya.

Sementara Lay Studio di laporkan telah mengetahui masalah ini, tetapi mereka belum menanggapi secara publik.(red)

Baca juga: Artis Sekaligus Presenter Rina Gunawan Meninggal Dunia


Eksplorasi konten lain dari Journalarta

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Related Posts