News

Kesan Tarik-Ulur Mudik Lebaran, Waka DPD RI Meminta Pemerintah Tegas

Masalah Mudik Lebaran 2021, Waka DPD RI Meminta Pemerintah Tegas.

Jakarta, Journalarta.com – Sebelumnya, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan pemerintah tidak melarang masyarakat untuk melakukan mudik Lebaran 2021. Namun kemudian pada (26/3), pemerintah mengumumkan masyarakat di larang mudik dari 6 sampai 17 Mei 2021.

Kesan tarik-ulur dari pemerintah menimbulkan perdebatan dari sejumlah kalangan, ada yang setuju mudik di tiadakan mengingat Covid-19 masih mewabah, ada pula yang setuju mudik 2021 tetap di izinkan. Akibat hal ini Wakil Ketua DPD RI, Sultan B Najamudin melalui keterangan tertulisnya memberikan tanggapan, Senin (29/03/2021).

“Publik butuh kepastian dari pemerintah mengenai boleh atau tidaknya masyarakat melakukan mudik pada lebaran nanti. Sebab keputusan ini tidak berdiri sendiri, banyak variabel lain yang mesti di siapkan dan berdampak kepada banyak sektor, khususnya ekonomi. Jika iya di perbolehkan maka pemerintah harus segera mempersiapkan hal-hal tekhnis agar Prokes tetap di jalankan. Begitupun jika tidak di perbolehkan, pemerintah pun harus menyiapkan instansi terkait untuk dapat mengantisipasi agar kegiatan mudik tidak terjadi”, ujarnya.

Seharusnya kesimpang siuran informasi kebijakan ini tidak mesti terjadi, lanjut Sultan. Sebelum wacana ini di lontarkan ke publik semestinya pihak Kementerian terkait mengkaji dulu secara komprehensif akan dampak baik buruknya, lalu pertimbangan tersebut di laporkan kepada Presiden dan kemudian dapat di ambil menjadi kebijakan yang dapat di umumkan ke publik.

“Banyak hal yang mesti menjadi pertimbangan pemerintah sebelum benar-benar memutuskan hal ini. Pemerintah harus mengambil referensi dari membaca data rasio infeksi covid secara nasional, evaluasi dari keberhasilan vaksinasi, regulasi, kesiapan anggaran, jobdes masing-masing instansi, lalu bagaimana pembagian wewenang pusat dan daerah”, tandasnya.

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan atau Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito turut memberikan tanggapan terkait pernyataan Menhub Budi Karya Sumadi yang tidak melarang mudik Lebaran tahun 2021 ini.(red)

Baca juga: DPD RI Minta BPOM Jangan Persulit Perizinan Vaksin Nusantara

Sumber: Humas DPD RI


Eksplorasi konten lain dari Journalarta

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Related Posts