NewsTechno

PT PAL Indonesia Ciptakan Alat Pendeteksi Tsunami

PT PAL Indonesia Lalakukan Pengembangan Alat Karya Anak Bangsa

Jakarta, Journalarta.com – Indonesia memiliki latar belakang geografis Negara yang rawan akan bencana dan termasuk kepulauan dengan wilayah laut terluas di dunia. PT PAL Indonesia melakukan pengembangan alat karya anak bangsa guna berkontribusi dalam penanganan bencana.

Indonesia Tsunami Early Warning System (Ina-TEWS) alias sistem peringatan dini tsunami di mana dapat meminimalisir dampak bencana yang akan muncul dengan memiliki 2 sistem pemantauan. Pertama adalah sistem pemantauan darat yang terdiri dari jaringan seismometer broadband dan GPS.

Kedua, sistem pemantauan laut (Sea Monitoring System) terdiri atas bouy, tide gauge, dan CCTV. Selain itu, Ina-TEWS dapat mengolah informasi yang di dapat dari sistem pemantauan darat dan laut tersebut dengan menggunakan perangkat Decision Support System (DSS) untuk menentukan apakah ada risiko tsunami setelah gempa. Setelah data tersebut diverifikasi, maka peringatan dini tsunami pun bisa di keluarkan.

Ina-TEWS akan di tempatkan di titik-titik rawan bencana seperti perairan selatan Jawa dan Sumatera, perairan utara Sulawesi dan Papua, Laut Flores dan Laut Banda.

Melalui Ina-TEWS, BMKG mampu menerbitkan peringatan dini tsunami dalam kurun waktu 5 menit setelah gempa bumi atau bencana tsunami terjadi. Kemudian, di ikuti oleh beberapa kali berita pemutakhiran dan di akhiri berita ancaman tsunami telah berakhir.(red/*)

Baca juga: BRI Bank Pertama Di Dunia Yang Memiliki Satelit Sendiri


Eksplorasi konten lain dari Journalarta

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Related Posts