OPINI

Dualisme KADIN Dapatkah Pacu Pertumbuhan Ekonomi Indonesia?

DUALISME KADIN DAPATKAH PACU PERTUMBUHAN EKONOMI INDONESIA?
Oleh: Johan Murod Babelionia, SH. S.IP. MM.
(Ketua KADIN Provinsi Kepulauan Bangka Belitung)

Journalarta.com, – Undang – undang RI Nomor 1 Tahun 1987 Tentang Kamar Dagang Dan Industri (KADIN) diterbitkan Pemerintah Indonesia diharapkan dapat memacu dan memicu pertumbuhan Perekonomian Indonesia melalui kinerja Pengurus KADIN Pusat maupun Pengurus KADIN di daerah-daerah.

Namun saat ini KADIN terbelah dua setelah MUNASLUB VII KADIN Provinsi dilaksanakan di Pontianak yang memilih Rizal Ramli sebagai Ketum KADIN, namun kemudian beberapa bulan Rizal Ramli oleh Presiden Jokowi diangkat sebagai Menko Maritim dan Pelaksana Harian KADIN dijabat oleh Zainal Bintang yang kemudian melaksanakan MUNAS VIII KADIN di Rich Charlton Hotel Mega Kuningan dan terpilih secara Aklamasi Ir Eddy Ganepo MM.

Selanjutnya MUNAS KADIN IX dilaksanakan di Hotel Manhattan Jakarta Selatan kembali Ir. Eddy Ganepo MM terpilih kembali secara Aklamasi karena dipandang cakap dan berhasil membina UMKM NAIK KELAS.

Keberhasilan membina UMKM Oleh KADIN Ir Eddy Ganepo MM seperti yang dilakukan KADIN Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang berhasil membina UMKM Tambang Rakyat sehingga UMKM sektor lainnya NAIK KELAS.

Yang jadi persoalan sekarang terjadi dualisme KADIN yang Menimbulkan Pertanyaan dapatkan kedua KADIN melaksanakan amanah UU Nomor 1 Tahun 1987 Tentang Kamar Dagang Dan Industry untuk memacu dan memicu pertumbuhan Perekonomian Indonesia. Konon dibeberapa negara terdapat lebih dari satu organisasi serupa KADIN.

Manakah Kadin Yang Sah?

MUNAS VI KADIN di JCC Htl Sultan utusan Kadin Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Johni Sugiarto, Johan Murod dan Elly Rebuin yg Bersepakat pilih Milenia Sandiaga Uno atau Wisnu Wardhana. Putaran kedua WW & SBS Kami ISTIQOMAH pilih WW dan SBS yg menang.

Kemudian 23 Kadin Provinsi tdk puas dg Kepemimpinan SBS maka DILAKSANAKAN MUNASLUB VII KADIN di Pontianak dan dipilih Rizal Ramli Ketum KADIN dg Dewan Pembina Oso dan Setiawan Jodi.

Beberapa bulan Kemudian Rizal Ramli jadi Menko Maritim RI dan Zainal Bintang jadi Ketum Kadin Pelaksana Harian kenudian lakukan MUNAS VIII KADIN terpilih secara Aklamasi Ir Eddy Ganepo MM, kemudian dalam Musprov Kadin Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di Mahligai NSS Rumah Dinas Gubernur Kepulauan Bangka Belitung secara Aklamasi dipilih Johan Murod sbg Ketum KADIN Provinsi Kepulauan Bangka Belitung…

Dari kronologis diatas bagi yg faham organisasi tau bahwa mana KADIN yg syah secara demokrasi dan Konstitusional, namun dari perjalanan kedua KADIN sejak terjadi dualisme KADIN Presiden Jokowi hadir di beberapa kegiatan kedua KADIN tersebut, saat pelantikan KADIN Ketum Ir Eddy Ganepo MM Priode pertama Menkumham dan Panglima TNI Hadir dalam acara tersebut.

Semoga KADIN dapat menjadi Prime Mover Pemicu dan Pemacu pertumbuhan Perekonomian Indonesia, sehingga di era covid 19 terjadi PEMULIHAN EKONOMI NASIONAL (PEN) dan PEMULIHAN EKONOMI RAKYAT (PER) dan UMKM NAIK KELAS Aaamiiin YRA….(red)


Eksplorasi konten lain dari Journalarta

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Related Posts