Daerah

PPL Garda Terdepan Mensejahterakan Petani Bangka Tengah

Penyuluh Pertanian Lapang Garda Terdepan Mensejahterakan Petani Bangka Tengah

Bangka Tengah, Journalarta.com — Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah fokus melakukan pembinaan kepada Penyuluh Pertanian Lapang (PPL) di wilayahnya. Pembinaan yang dilakukan kepada PPL ini menjadi wujud pemerintah daerah dalam meningkatkan hasil pertanian.

“Pertanian ini menjadi salah satu sektor yang kita fokuskan dan menunjang perkekonomian kita (Bangka Tengah -red). Peran Penyuluh Pertanian ini menjadi ujung tombak untuk menjadikan produksi pertanian semakin baik dan semakin unggul,”ungkap Wakil Bupati Bangka Tengah Herry Erfian usai membuka acara Sinkronasi dan Koordinasi Program Kegiatan Pertanian serta kegiatan Penyuluhan tahun 2021 di Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Koba Kamis, (16/9).

Erfian mengungkapkan adanya konsolidasi dan sosialisasi yang dilakukan ini dapat memotivasi para PPL dalam menjalankan tugas dilapangan.

“Tentunya melalui konsolidasi ini bisa menjadi fokus terkait tugas pokok PPL dan para PPL ini kita harapkan tetap semangat menjalankan tugas dilapangan,” ucap Erfian.

Kata Erfian, saat ini jumlah tenaga PPL diwilayah Bangka Tenagh masih kurang, bahkan ada beberapa PPL yang harus mengakomodir dua desa.

“Kendala kita memang kekurangan personil PPL, karena ada beberapa PPL ini mengakomodir dua desa jika memang satu PPL ini bisa mengakomodir satu desa, mungkin bisa  lebih fokus terhadap hasil pertanian di Desa masing-masing. ke depan semoga ini akan kita upayakan untuk meningkatkan hasil pertanian ini,” ujarnya.

Erfian menuturkan, adanya kegiatan konsolidasi dan sosialisasi ini dapat meningkatkan kualitas PPL bukan hanya fokus pengolahan hasil pertanian, tapi juga baik dalam penjualan atau managemennya.

“Jadi hari ini mereka langsung mendapat bimbingan dari Disperindag dan dinas pertanian kita. Di mana harapan kita ini bisa pembinaan ini dapat meningkatkan kualitas PPL, buka hanya fokus untuk memberikan keahlian di petani saja, tapi juga mampu mengolah semuanya, baik pengelolahan hasil panen dan menjualnya ke masyarakat,” tutur Erfian.

“Kami harapkan PPL menjadi Garda terdepan mensejahterakan petani Bangka Tengah,” timpal nya. (red)


Eksplorasi konten lain dari Journalarta

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Related Posts