Daerah

Anton Charliyan : Melalui Media Kasus Tersembunyi Bisa Terungkap

Anton Charliyan : Jangan Takut Ungkap Penyimpangan Karena Fungsi Media Sosial Control

Banda Aceh, Journalarta.com – Keluarga besar Mitrapol beserta jajarannya baru – baru ini menggelar acara dalam rangka memperingati hari jadinya yang ke-5.
Kegiatan ini di laksanakan di Kota Serambi Makah Banda Aceh pada Senin (22/11/2021) yang dihadiri beberapa pejabat mulai, Gubernur Aceh , Kadivhumas Polri, Kapolda, Kajati, DPRD Banda Aceh, para Bupati , Kapolres , Para pengusaha, Instansi, terkait, Perguruan Tinggi , Pimpinan Umum dan Pembina Mitrapol, Kaperwil dan Kabiro serta keluarga besar wartawan Mitrapol dari berbagai daerah di Indonesia.

Acara ini di awali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Tarian sambutan khas Aceh yang sangat cantik & menawan.

Dalam sambutannya, Irjen Pol (Purn) Dr. Drs. H. Anton Charliyan selaku Pimpinan Umum Mitrapol mengatakan bahwa Banda Aceh merupakan kali pertama mengadakan HUT Mitrapol di luar Gedung Mabes Polri yang dilaksanakan pasca pandemi Covid 19. Meski dilaksanakan dengan sederhana namun terlihat penuh dengan keakraban.

Anton Charliyan yamg lebih dikenal sebagai Abah Anton dibalik kharisma dan senyumnya yang selalu menghiasi bibirnya memberi beberapa masukan kepada seluruh awak media dimanapun berada, khususya media Mitrpol agar mampu berperan menjadi media yang memprioritaskan sarana kontrol sosial sebagai garda terdepan yang akurat , tajam, objektif dan terpercaya.

” Bila perlu bisa lebih tajam dari silet, namun hal tersebut bisa terwujud berdasarkan fakta yang betul-betul akurat, tidak malah menjadi Hoax, apalagi yang menjurus kearah yang bersifat fitnah, ujaran kebencian dan adu domba yang menyudutkan institusi dan personilnya, sehingga tetap bisa membawa kesejukan dan kedamaian,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Mantan Kadiv Humas Mabes Polri ini menuturkan bahwa dengan adanya kritik sebagai kontrol sosial bukan berarti membenci Institusi atau individu personal tertentu seseorang tapi justru untuk membangun dan memperbaiki Institusi tersebut agar lebih maju dan bertanggung jawab.

” Maka dari itu setiap awak media sebagai pejuang informasi jangan takut untuk ungkap penyimpangan-penyimpangan dimanapun juga bahkan di beberapa daerah kasus-kasus yang tersembunyi dan terkesan dipeti Es kan bisa diungkap dan di proses lagi karena Peran Media,” tuturnya.

” Insya Allah jika kita semua kompak, profesional, berani tegak lurus dan mau bekerja keras, Mitrpol dan seluruh awak media akan semakin sukses & berjaya,” ucapnya.

Sementara itu, Kadiv Humas Polri dan Kapolda yang diwakili Kabid Humas Polda Aceh dalam sambutanya berharap agar Mitrapol tetap bisa bekerjasama sebagai mitra terbaik Polri di bidang media dan Informasi dalam rangka menciptakan situasi Kamtibmas yg kondusif.

Ditempat yang sama, Gubernur Banda Aceh yang diwakili Kakesbang menyampaikan sambutanya menguatkan apa yang disampaikan oleh Anton Charliyan bahwa peran media sebagai sosial kontrol saat ini sangat besar kiprahnya.

“Di daerah Aceh ini justru melalui media lah, kasus yang asalnya terpendam dan tersembunyi akhirnya bisa terungkap dan terkuak serta langsung di proses pihak penegak hukum. Maka dari itu peran media sangat penting dalam mengawal pembangunan di daerah agar bisa mengerem penyimpangan 2 yang sering terjadi selama ini,” ujarnya.

Sebelum mengakhiri acara , Mitrapol menggelar acara puncak yakni memberikan apresiasi kepada masyarakat Banda Aceh berupa Awards/Penghargaan atas kinerja keberhasilan personil-personil yang berprestasi dalam memajukan Institusinya masing-masing di provinsi Banda Aceh baik dari Pemda, Polri, TNI, DPRD, Kejaksaan, pasca pandemi Covid 19 ini.

Dalam bincang bincang diakhir acara kepada awak media pendiri Mitrapol, Dadang berharap kepada seluruh keluarga besar Mitrapol agar tetap kompak dengan berita berita yang bisa dipertanggung jawabkan, tidak bersifat hoax dan harus menarik, demi kemajuan Mitrapol.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu terselenggaranya acara ini dengan sukses.(KBO Babel)

Editor : Revandi


Eksplorasi konten lain dari Journalarta

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Related Posts