Daerah

Jelang Nataru Harga Cabai Kecil di Bangka Tengah Alami Kenaikan

Jelang Nataru 2022 Harga Cabai Kecil di Bangka Tengah Naik, Cabai Besar Turun

Bangka Tengah, Journalarta.com – Jelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022, harga cabai kecil naik cabe besar turun. Hal demikian diketahui saat Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak), Selasa (14/12/2021) di Pasar Modern Koba dan Pasar Air Mesu.

Harga cabai kecil mencapai Rp.140 ribu/Kg, sebelumnya pada hari Minggu (12/12/2021) harganya masih Rp 100 ribu/Kg dan Senin (13/12/2021) seharga Rp.120 ribu/Kg. Sementara harga cabai besar semula Rp.70 ribu/Kg, kini hanya Rp 50 ribu/Kg.

Terkait hal ini pemerintah Kabupaten Bangka Tengah akan mengambil langkah guna mensetabilkan harga cabai kecil.

“Ya kenaikan harga cabai kecil ini disebabkan karena pasokan cabai saat ini memang masih didatangkan dari luar daerah. untuk itu kita mengajak dinas pertanian mengevaluasi kembali hasil pertanian kita dan melakukan operasi pasar hasil pertanian petani di Bateng untuk membantu masyarakat,” ujar Bupati Kabupaten Bangka Tengah Algafry Rahman usai melakukan Sidak.

Dalam operasi pasar nantinya, Algafry meminta Dinas Pertanian mengajak para petani lokal untuk membantu penyediaan cabai kecil dalam operasi pasar.

“Saya juga meminta Dinas Pertanian kita untuk bekerjasama dengan para petani lokal untuk pelaksanaan operasi pasar. Kenaikan harga ini di sebabkan karena sebagian besar cabai merah di datangkan dari luar daerah, dan akhir-akhir ini terhambat karena cuaca buruk. ujarnya. Akibatnya harga cabai lokal juga ikut memyesuaikan dengan harga pasar saat ini,” jelas Algafry.

Dari hasil sidak ini, selain cabai kecil, sejumlah komudity lainya di temukan juga mengalami kenaikan.

“Selain cabai kecil, harga minyak goreng dan sayuran juga mengalami kenaikan 5 hingga 10 persen,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Disperindagkop UMKM Kabupaten Bangka Tengah, Ali Imron mengatan pihaknya pun akan berkoordinasi dengan distributor kebutuhan pokok di Kabupaten Bangka Tengah untuk memastikan stok aman jelang natal dan tahun baru.

“Untuk kesedian stok bahan pokok ini, baik sembako, cabe, dan lainnya kami selalu koordinasikan dengan distributor, dimana jelang Nataru ini stok kita di Bangka Tengah Aman,” kata Ali.

Diakuinya memang terjadi kenaikan signifikan pada komoditas sayur-sayuran, seperti cabai, kangkung, bayam, dan minyak goreng.

“Kenaikan signifikan ini memang terjadi pada minyak goreng dan sayuran, cabe kecil dan kami juga telah bekerja sama dengan haji Alwi di provinsi untuk harga ini,” tuturnya.

Ia berharap melalui upaya yang dilakukan bisa kembali mengoptimalkam harga komoditas kebutuhan pokok di wilayahnya.

“Komodity yang mengalami penurunan, yakni cabai besar semula harganya Rp.70 ribu/Kg sekarang hanya Rp.50 ribu/Kg,” pungkasnya. (Red)


Eksplorasi konten lain dari Journalarta

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Related Posts