Daerah

KM.Sriwijaya Raya Kandas, Posmat TNI AL Pulau Besar Laksanakan Pengawasan

KM.Sriwijaya Raya Yang Kandas di Perairan Pulau Besar Mengalami Kebocoran

Bangka Selatan, Journalarta com – Posmat TNI AL Pulau Besar jajaran Lanal Babel melaksanakan pengecekan sekaligus pengawasan terhadap material kapal dan muatan KM.Sriwijaya Raya GT 2398 yang mengalami kebocoran.

Posmat TNI AL Pulau Besar jajaran Lanal Babel pada kesempatan ini juga melakukan tindakan penyelamatan dengan kandasnya di perairan Pulau Besar, sekitar 1 Mil Dari Pantai Sungai Ulin Pulau Besar tepatnya pada Posisi 02. 53.707 S 106.12.128 E perairan Kabupaten Bangka Selatan, Senin (13/12/ 2021).

Menurut sumber yang dapat dipercaya bahwa kronologi kejadian pada hari Jumat 10 Desember 2021 KM.Sriwijaya Raya yang di Nakhodai Darwin (65) dengan jumlah ABK 15 orang, membawa muatan Pipa, Plat dan Conteiner barang industri berangkat dari Pelabuhan Batu Ampar Batam tujuan Pelabuhan Sunda Kelapa Jakarta.

Ketika kapal berada di Selat Bangka tepatnya pada hari Minggu 12 Desember 2021 di dapati stabiltas kapal berada pada kemiringan 1.5 ° miring ke kanan trus meningkat pada kemiringan 4° ditemukan air di gladak palkah selanjutnya dilaksanakan upaya penyelamatan penyedotan menggunakan pompa air.

Setelah di upayakan penyelamatan kapal tidak berubah kemiringan bahkan bertambah miring menjadi 5°. Pukul 22.15 Wib kapal tambah miring 13° selanjutnya Nakodha mengambil keputusan upaya pengandasan kapal untuk menghindari hal yang lebih fatal.

Kapal di kandaskan pada posisi 02: 53 707 S 106 : 12.128 E perairan Pulau Besar Kab. Bangka Selatan dengan kemiringan kapal 15° kearah kiri.

Menerima informasi dari nelayan adanya Kapal kandas personel Posmat TNI AL Pulau Besar melaporkan kepada Danlanal Babel Kolonel Laut (P) Fajar Hernawan. Selanjutnya Danlanal memerintahkan Danposmat TNI AL Pulau besar bersama instansi terkait untuk bersama-sama melaksanakan pengecekan langsung ke lokasi kejadian dan memerintahkan untuk melaksanakan pengamanan terhadap material kapal dan segala muatan kapal agar tidak terjadi kehilangan material apapun yang ada di kapal.

Danlanal Babel mengatakan sesuai arahan KASAL Laksamana TNI Yudo Margono Agar Posal dan Posmat jajaran Lanal Babel bersama instansi terkait memberikan pertolongan kepada pengguna jasa dilaut, terlebih lagi pada kondisi darurat membutuhkan bantuan.(*/red).

Sumber : Pen Lanal Babel.

 


Eksplorasi konten lain dari Journalarta

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Related Posts