DaerahNews

Polda Babel Inisiasi Aksi Gerakan Penanaman Sejuta Pohon Di Lahan Pasca Tambang

Polda Babel Inisiasi Aksi Gerakan Penanaman Satu Juta Pohon Di Lahan Pasca Tambang

 

Pangkalpinang, Journalarta.com – Polda Kepulauan Bangka Belitung menggelar kegiatan Gerakan Penanaman Satu Juta Pohon, Jumat (28/1/22) pagi. Kegiatan yang diinisiasi oleh Polda Kep. Bangka Belitung ini dilangsung dilahan pasca tambang di Jalan Pulau Pelepas Desa Dul Kecamatan Pangkalan Baru tepatnya disamping terminal VVIP Bandara Depati Amir.

Dalam kegiatan tersebut, dihadiri langsung oleh Kapolda Kep. Bangka Belitung Irjen Pol Drs. Yan Sultra, Gubernur Kep. Bangka Belitung Erzaldi Rosman, Danrem 045/Gaya Brigjen TNI M. Jangkung, Ketua DPRD Babel.

Selain itu, kegiatan ini turut diikuti oleh Dirut PT. Timah, Wakapolda Brigjen Pol Drs. Umardani dan seluruh Pejabat Utama Polda Kep. Bangka Belitung serta melibatkan Steakholder terkait.

Saat ditemui, Kapolda mengatakan kegiatan reboisasi dan rehabilitasi lahan pasca tambang ini merupakan komitmen bersama antara Polda dengan seluruh Stakeholder di Bangka Belitung.

Dirinya mengungkapkan bahwa lokasi-lokasi yang sudah dipilih ini akan dibenahi bersama secara pelan-pelan dan terus berkelanjutan.

“Dan saya harapkan dengan komitmen bersama ini ketika ada lagi orang-orang yang memasuki daerah yang sudah direboisasi dan direhabilitasi ini pasti saya tindak tegas,”ungkap Kapolda didepan awak media.

Irjen Pol Yan juga menuturkan melalui komitmen bersama ini kedepan akan bertambah lagi gerakan-gerakan yang sama dalam membenahi kembali lokasi yang betul-betul rusak terutama kawasan hutan lindung.

Mengingat, diterangkannya kawasan-kawasan bekas tambang ini sudah ditinggalkan dan sudah pernah dilakukan pembersihan oleh pihaknya.

“Inilah upaya kita, setelah kita berdiskusi dan dengan cara ini orang-orang yang tidak bertanggungjawab ini tidak berani lagi masuk ke lokasi-lokasi ini,”tutur Irjen Pol Yan.

Dengan dilakukan penamanan satu juta pohon ini, Jenderal Bintang Dua ini mengajak masyarakat untuk memulai penghijauan ini dari lingkungannya sendiri hingga ke lingkungan sekitar dengan menanam pohon dilokasi-lokasi yang sudah dirusak dan ditambang.

Apalagi, baik dari Polri, TNI, Pemda dan instansi terkait sudah berkomintmen untuk bersama-sama melakukan kegiatan hal seperti ini.

“Tadi pak Gubernur sudah jelaskan, kita jaga bersama, kita bantu bersama, kita akan jaga sampai pohon ini tumbuh sampai reboisasi ini bermanfaat bagi masyarakat,”ungkap Kapolda.

Sementara itu, lahan seluas 35 Hektar yang berada dikawasan tersebut ditanami oleh berbagai jenis pohon diantaranya bibit jambu mete 6200 pohon, bibit pinang 500 pohon, bibit pinus laut 500 pohon, bibit kayu putih 200 pohon, bibit Ketapang laut 150 pohon dan bibit pohon durian ada 10 pohon dengan total 7410 bibit.

Selain digelar dikawasan VIP Bandara, kegiatan ini juga dilaksanakan secara serentak diseluruh Polres jajaran Polda Kep. Bangka Belitung.(Red/Hms Polda Babel)


Eksplorasi konten lain dari Journalarta

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Related Posts