Daerah

Ratusan Peserta Ikuti Seleksi Paskibraka Untuk Menyambut HUT RI Ke – 77

 

Sungailiat, journalarta.com — Ratusan peserta mengikuti seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Bangka Tahun 2022, untuk persiapan menyambut HUT RI ke-77 pada Agustus 2022 mendatang. Selasa (15/03/2022).

Seleksi Paskibraka yang digelar Pemerintah Kabupaten Bangka melalui Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikdinpora) itu dipusatkan di Lapangan Binasatria Sungailiat selama tiga hari ( 15 -18/03/2022).

Kepala Dindikpora Bangka, Rozali, mengatakan seleksi Paskibraka tingkat kabupaten tersebut diikuti sebanyak 260 dari seluruh SMA dan SMK yang ada di Kabupaten Bangka.

“Ada 3 tahapan tes awalyang akan diikuti oleh peserta seleksi, yang pertama yakni tahap yang meliputi tinggi, berat badan kemudian dilanjutkan dengan PBB. Di hari kedua tahap tes SAMAPTA yang diawali dengan cek up tensi kemudian dilanjutkan dengan Lari,Sit up,Push Up,Back Up dan Shuttle Run . hari terakhir PANTOHIR”, Ungkapnya.

Rozali melanjutkan, Pada pelaksanaan tahapan seleksi tersebut, diwajibkan tetap menerapkan protokol kesehatan sesuai dengan arahan dan kebijakan yang ditetapkan Pemerintah, seperti menjaga jarak, mencuci tangan dan lainnya.

“Dari 260 peserta yang mengikuti seleksi, nantinya akan dipilih 36 orang yang terdiri atas 15 peserta laki-laki dan 15 peserta perempuan yang akan lolos mengikuti pelatihan Paskibra Kabupaten Bangka. Selain itu Kabupaten Bangka Tengah juga akan mengirim utusan ke provinsi ada 6 orang terdiri dari 3 orang putra dan 3 orang putri yang pelaksanaannya di tingkat provinsi pada tanggal (10 – 13 /05/2022)”.jelasnya.

Proses tahapan seleksi akan dilakukan oleh tim seleksi yang terdiri dari unsur Koramil 413-06 Bangka (Peltu Fahrizal dan Sertu Purnawirawan) , anggota Polres Bangka (brigpol Aditia S. Sakti dan Briptu Fadillah Nurul Rahmalia) dan purna Paskibraka Bangka (Nastazia Elvitasari) dengan total 5 orang.

Sementara itu Sertu Purnawirawan dari Koramil Sungailiat, menyampaikan kepada calon Paskibraka yang akan mengikuti tes seleksi ini agar dapat mempersiapan diri, baik fisik maupun mental.

“Seleksi ini bukan segalanya, ikuti dengan sebaik-baiknyanya,bersainglah secara sehat dan apabila belum terpilih baik di kabupaten maupun provinsi jangan kecewa dan jangan patah semangat. Peserta seleksi calon Paskibraka ini merupakan pemuda pemudi terbaik generasi penerus bangsa, apabila nanti belum terpilih sebagai Paskibraka, masih dapat mengisi kemerdekaan ini dengan hal-hal yang positif,” pungkasnya.

Brigpol Aditia S. Sakti dari Polres Bangka, ditempat yang sama juga berharap proses seleksi ini berjalan lancar dan peserta yang mengikuti seleksi bisa memberikan kemampuan terbaiknya

” Tugas Paskibraka ini sangat mulia yakni menaikkan dan menurunkan Sang Saka Merah Putih untuk memperingati HUT ke-77 RI” Tuturnya. ( Sari)


Eksplorasi konten lain dari Journalarta

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Related Posts