DaerahNews

Tim Dari Beberapa Dinas Lakukan Sidak Di Pasar Tradisional Makale

Tim Dari Beberapa Dinas Tana Toraja, Melakukan Sidak Di Pasar Tradisional Makale 

Sulaweis Selatan, Journalarta.com -Pertengahan bulan Ramadan dan menjelang Hari Raya Idulfitri 1443 Hijriyah, Tim terpadu yang terdiri dari Dinas Kesehatan, Dinas Ketahanan Pangan, Satpol PP, Dinas Perindag, Dinas Kominfo,Dinas Perizinan/DPMPTSP,Dinas Koperasi dan UMKM,Sanitarian PKM,Loka POM Palopo dan Tim Penggerak PKK Kab.Tana Toraja.

Menggelar sidak pangan , makanan dan minuman kemasan di pasar tradisionil serta sejumlah toko dan swalayan, Selasa 26 April 2022  pagi tadi.

Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatani Yosefina Rombetasik,S.Si,Apt menyampaikan, “hasil uji sementara untuk Pemeriksaan wilayah Pasar Makale, Tim Pengawasan Terpadu  bekerjasama loka POM  Palopo, menunjukkan hasil negatif”.

“Beberapa sampel yang diuji dengan menggunakan  Rapid Test, Namun kita tetap mencarikan alat pemeriksaan pembanding melalui skala laboratorium, karena untuk pemeriksaan skala laboratorium membutuhkan waktu yang agak lama”,kata Yosefina melalui keterangan tertulisnya via Whatapps, Selasa (26/04/ 2022) siang.

Tim melaksanakan intensifikasi pengawasan pangan ini untuk memberikan jaminan terhadap produk  makanan dan minuman  yang beredar agar aman dikonsumsi masyarakat secara luas, ujar Yosefina.

“Barang makanan dan minuman kadaluarsa yang sudah kadaluarsa ditarik dari peredaran agar tidak dijual lagi yang bisa merugikan konsumen, supaya pangan yang dijual/ beredar aman untuk dikonsumsi masyarakat”,tegasnya.

Ia juga menjelaskan ketika ada temuan produk pangan ikan dan sejenisnya yang menggunakan bahan pengawet, tim akan menyita dan memusnahkannya.

“Kepada penjualnya akan diberikan pembinaan dan diingatkan agar ke depan tidak pernah diperkenankan untuk menggunakan bahan pengawet yang dilarang,seperti formalin”,jelasnya.

Tim terpadu dipimpin Sekda Tana Toraja Samuel Tande Bura. Sebelum melakukan sidak pangan tim terlebih dahulu diberi pengarahan langsung oleh Ketua Tim,di Halaman Kantor Bupati Tana Toraja,kata Yosefina.Tutupnya
(Red.Bara)


Eksplorasi konten lain dari Journalarta

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Related Posts